Sukses

10 Kota Terbaik di Dunia Versi Time Out, San Francisco di Posisi Teratas

Liputan6.com, Jakarta - Time Out baru saja meluncurkan daftar kota terbaik di dunia. San Francisco berhasil menyabet posisi pertama dengan beragam keunggulan yang dimiliki kota dengan jembatan megah hingga industri teknologi yang berkembang pesat.

Dilansir dari CNN, Senin (13/9/2021), Time Out mengerahkan jaringan editor dari seantero dan menyurvei sekitar 27 ribu penduduk kota global untuk mempersempit daftar kota terbaik sejagat. Ada beberapa aspek yang jadi sorotan dalam penilaian ini, sebut saja kehidupan malam, restoran, dan sorotan budaya. Kepekaan komunitas warga di setiap kota turut jadi poin penting.

Tak hanya itu, inisiatif lingkungan kota juga diperiksa, serta komitmen mereka terhadap aktivisme dan keramahan umum. Time Out menyebut "kombinasi tak terkalahkan dari kemajuan, penerimaan, dan keberlanjutan" San Francisco meraih posisi teratas.

Kota ini juga dipuji oleh Time Out atas tanggapannya terhadap pandemi. San Francisco menjadi salah satu kota dengan tingkat vaksinasi tertinggi di Amerika Serikat. Bahkan di tengah penutupan yang ketat, warga kota ini menemukan cara untuk saling mendukung, kata Time Out.

Aturan bersantap di luar ruangan setelah pandemi yang diatur tetap permanen turut dipuji oleh Time Out. Dikatakan pula, jalan-jalan kota yang menyerupai "satu pesta luar ruangan yang besar" dan ruang hijau San Francisco juga tak luput dari apresiasi.

"Daftar kota terbaik di dunia tahun ini menyoroti kota-kota yang beradaptasi pada masa di mana faktor-faktor kunci yang menjadikan kota-kota besar ini tempat yang menyenangkan, budaya, dan sosialisasi, sebagian besar tidak diperhitungkan," kata Caroline McGinn, pemimpin redaksi global Time Out, dalam sebuah pernyataan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

5 Teratas

"Anda akan berpikir pandemi mungkin mengalahkan tujuan hidup di kota, tetapi hasilnya menunjukkan bahwa semangat komunitas lebih tinggi dari sebelumnya. Orang-orang saling mendukung serta bisnis dan inisiatif lokal, dan banyak dari kita bahkan bersenang-senang," tambah Caroline.

Posisi selanjutnya disusul oleh kota metropolitan Amsterdam di Belanda dan kota Manchester di Inggris utara. Ada pula surga bersepeda Denmark di Kopenhagen dan pusat budaya Kota New York melengkapi lima besar dalam daftar Time Out.

Selain itu, mana lagi kota terbaik di dunia versi Time Out? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

3 dari 4 halaman

Daftar Lengkap

1. San Francisco, California, AS

2. Amsterdam, Belanda

3. Manchester, Inggris

4. Kopenhagen, Denmark

5. New York, AS

6. Montreal, Kanada

7. Praha, Republik Ceko

8. Tel Aviv, Israel

9. Porto, Portugal

10. Tokyo, Jepang

4 dari 4 halaman

Infografis WFH Bukan Berarti Jalan-Jalan ke Luar Kota