Sukses

Cara Memanfaatkan Kopi yang Jarang Diketahui untuk Perawatan Kulit

Kopi yang biasa orang minum untuk meningkatkan energi juga punya manfaat untuk kulit Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang mengandalkan secangkir kopi untuk meningkatkan energi sebelum beraktivitas. Sementara kopi paling banyak digunakan sebagai minuman, kopi juga mendapatkan reputasi sebagai obat alternatif untuk kulit.

Faktanya, American Chemical Society telah menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan paling populer di Amerika Serikat. Kandungan antioksidannya lebih kaya daripada teh dan anggur, seperti melansir dari Healthline, Selasa (20/7/2021).

Berikut cara menggunakan kopi untuk perawatan kulit Anda dari lingkaran hitam hingga jerawat, seperti dilansir dari Times of India.

Lingkaran Hitam

Kafein yang ada dalam kopi membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi pada lingkaran hitam. Kopi juga memiliki zat pemutih alami yang membantu meringankan perubahan warna di bawah mata.

Yang harus Anda lakukan adalah mencampur satu sendok makan bubuk kopi dengan satu sendok teh madu dan beberapa tetes minyak vitamin E. Oleskan campuran ini di bawah mata Anda dengan hati-hati dan bilas setelah 15 menit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perawatan Jerawat

Penggunaan kopi secara teratur dapat membantu memerangi jerawat yang disebabkan oleh bakteri karena kopi kaya akan CGA yang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Campurkan tiga sendok makan kopi bubuk dan dua sendok makan gula merah.

Tambahkan tiga sendok makan minyak kelapa ke dalam campuran kopi dan aduk rata untuk membuat scrub kental. Gosokkan scrub ini ke seluruh wajah, hindari area sensitif seperti mata. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

Manfaat Antipenuaan

Menerapkan masker kopi langsung pada kulit dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik matahari, kemerahan dan garis-garis halus. Campur bubuk kopi, bubuk kakao dalam mangkuk dan tambahkan sedikit susu untuk membuat masker wajah.

Tambahkan dua tetes madu dan jus lemon ke dalam campuran dan oleskan pada wajah Anda. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih. Anda dapat menyimpan campuran ini di lemari es selama tiga hari.

3 dari 4 halaman

Pengurangan Selulit

Kafein yang ada dalam kopi membantu mengurangi selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan.

Kulit Bercahaya

Campurkan 1/4 cangkir bubuk kopi dan tiga sendok makan gel lidah buaya dalam mangkuk. Oleskan scrub ke wajah atau tubuh Anda dan pijat dengan lembut selama 10 menit. Bilas dengan air bersih.

Gel lidah buaya sangat menenangkan dan membantu menghidrasi kulit. Pijat yang baik dengan scrub ini merangsang sel-sel dan memberi kulit cahaya yang sehat dan alami.

4 dari 4 halaman

Infografis Manfaat Detoks Kopi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.