Sukses

Apartemen 10 Lantai di China Dibangun Kurang dari 29 Jam

Perusahaan di China mampu membangun apartemen 10 lantai hanya dalam waktu sangat cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Membangun sebuah apartemen ternyata tak perlu waktu bertahun-tahun. Sebuah perusahaan di China mampu membangun apartemen 10 lantai di Kota Changsa hanya dalam waktu kurang dari 29 jam.

Grup Broad China baru-baru ini memamerkan Living Building yang inovatif, tipe baru dari sistem bangunan modular. Konsep Living Building yang dikembangkan itu terdengar seperti benar-benar dapat merevolusi industri konstruksi, dan prestasi perusahaan China baru-baru ini dalam mendirikan apartemen 10 lantai hanya dalam waktu sehari, seperti dilansir dari Oddity Central, Kamis (24/6/2021).

Secara teknis, bangunan itu baru saja dirakit di lokasi di Changsha, dengan tiga derek dan tenaga kerja yang besar. Hal ini dikarenakan semua komponen dibangun di pabrik Grup Broad lokal dan diangkut dengan truk.

Inovasi sejati di balik produk terbaru Broad Group adalah konsep membangun rumah seperti mobil. Semuanya diproduksi dan dirakit di pabrik canggih di Changsha, dan kemudian diangkut ke lokasi perakitan yang diinginkan.

Dibuat dari pelat baja, komponen modular dapat dilipat menjadi wadah standar setinggi 40 kaki. Rangkaian ini dapat dengan mudah diangkut melalui darat dan laut, sama seperti wadah biasa. 

Setelah kontainer tiba di lokasi yang diinginkan, yang diperlukan hanyalah proses instalasi yang melibatkan pengencangan modul bersama-sama untuk membentuk bangunan. Setelah itu, modul-modul tersebut dihubungkan dengan listrik. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengesankan

Menyaksikan video yang diunggah ke YouTube apartemen 10 lantai itu menjadi layak huni dalam waktu satu hari cukup mengesankan. Kecepatan perakitan jadi salah satu dari banyak kualitas yang dibanggakan Broad Group. 

Menurut perusahaan China, struktur baja tahan karat 10 kali lebih ringan dan 100 kali lebih kuat dari bangunan konvensional, dan tahan terhadap "gempa bumi besar dan topan". Ini juga jauh lebih murah untuk dibuat daripada struktur tradisional dan bangunan baja karbon, sebagian besar berkat proses produksi yang efisien.

 

3 dari 4 halaman

Serba Guna

Broad Group mengklaim bahwa sistem barunya disebut Living Building karena keserbagunaannya. Ini dapat digunakan untuk struktur perumahan mewah dan umum, serta gedung pencakar langit setinggi 200 lantai.

Berkat desain modular, bangunan dapat dibongkar dan dipindahkan ke lokasi baru dengan mudah. Selain itu, posisi dan jumlah dinding, pintu, jendela, dan balkon dapat diubah setelah selesai.

Broad Group juga mengklaim struktur baja tahan karat 100 persen dari Living Building-nya lebih dari 30 kali lebih tahan korosi daripada baja karbon. Pihak perusahaan tersebut juga mengklaim baja yang digunakan  memiliki masa pakai lebih dari 1.000 tahun.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Bantuan DP Rumah Pekerja Informal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.