Sukses

8 Gaun Malam Miss Universe dari Asia Tenggara di Preliminary Competition

Miss Universe dari Asia Tenggara tampil mengenakan gaun malam di Preliminary Competition.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Miss Universe 2020 telah sampai pada babak preliminary Competition. Preliminary Competition Miss Universe 2020 itu digelar, Sabtu,15 Mei 2021, di Florida, Amerika Serikat.

Pada kompetisi ini perwakilan dari tiap negara yang ikut berlomba akan menampilkan gaun-gaun malam mereka di atas catwalk. Gaun malam yang dikenakan oleh setiap miss universe pun selalu menjadi sorotan dan topik hangat, seperti halnya, gaun-gaun milik Miss Universe asal Asia Tenggara.

Penampilan gaun malam mereka tentunya sangat ditunggu oleh para pageant lovers dari Asia tenggara dan dunia. Seperti apa penampilan mereka dalam balutan gaun malam? Berikut rangkuman gaun-gaun malam Miss Universe dari Asia Tenggara di ajang Miss Universe 2020.

1. Indonesia

Ayu Maulida Putri atau akrab disapa Ayuma tampil memesona mengenakan gaun malam karya tangan andal Diana Putri. Ayuma berlenggok menggunakan gaun berwarna hijau emerald. Dikutip Sabtu, (15/5/21) dari Instagram pribadinya, Ayuma membagikan makna di balik gaun malamnya itu.

“Gaun ini mewakili kesadaran terhadap deforestasi yang terjadi hingga saat ini. Sementara kebenaran dan kenyataan mungkin mengecewakan, gaun ini mewakili kekuatan dan keindahan di balik hutan hujan kita,” tulisnya.

Pemilihan warna hijau zamrud mewakili kemegahan dan kekayaan sumber daya alam serta hutan hujan Indonesia. Emas dipilih untuk melambangkan kekuatan yaitu kekuatan dalam pengetahuan untuk melestarikan masa depan, kekuatan dalam melestarikan anugerah bumi, dan bijak untuk menciptakan alam dunia yang lebih baik bagi dunia.

Sang desainer memilih gaun tipis klasik berpotongan tinggi yang membuat siluet tubuh. Gaun itu dihiasi oleh ribuan kristal swarovski berwarna hijau dan sulaman buatan tangan untuk menciptakan struktur unik yang terinspirasi dari formasi alami pepohonan tanaman di hutan hujan Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

2. Malaysia

Miss Universe Malaysia 2020, Francisca Luhong James menampilkan gaun bustier ombre monokromatik berwarna putih dan hitam. Gaun malam tersebut telah didesain pada September 2020 lalu, setelah Francisca resmi dinobatkan sebagai Miss Universe Malaysia.

Sang perancang, Rizman Ruzaini, menceritakan kisah dibalik gaun malam itu lewat akun Instagram pribadinya. Gaun indah tersebut diadaptasi dari kisah Putri Santubong yang suka menenun kain, si putri memiliki karkter putih sebersih hatinya.

Rizman memilih siluet ramping dan sopan pada gaun malam Miss Universe Malaysia ini. Motif bunga terung pada gaun itu mewakilkan elemen Borneo. Manik-manik rumit tersebut dijahit tangan oleh pengrajin.

3 dari 9 halaman

3. Thailand

Amanda Obdam melaju mewakili Thailand di Preliminary competition dengan gaun emasnya yang menyilaukan. Busana tersebut adalah buatan Donnawat Perkchinnaworn dari rumah mode Valentier Atelier.

Dalam akun Instagram rumah mode itu, mereka mengungkapkan arti dibalik gaun malam itu. Sang desainer terinspirasi dari kembang api. Mereka mengatakan bahwa kembang api mewakili kecantikan dan kekuatan wanita, sama seperti seberapa keras dan mempesonanya kembang api saat dinyalakan.

Semburan dari kembang api yang meriah juga melambangkan perayaan pencapaian yang besar di hidup Amanda.Gaun dua potong ini menggambarkan modernitas dan ketangkasan dari wanita modern yang berpikiran universal.

Setiap potongan kecil kristal dan payet disulam menggunakan tangan untuk menciptakan dinamika bentuk ledakan kembang api. Dibutuhkan lebih dari 720 jam untuk menyelesaikan gaun tersebut.

4 dari 9 halaman

4. Singapura

Lagi-lagi Miss Universe asal Singapura berhasil menarik perhatian publik dengan gaun malamnya. Sebelumnya ia juga berhasil menjadi sorotan berkat kostumnya yang bertuliskan “Stop Asian Hates”.

Bernadette Belle tampil berbeda dari kontestan lainnya. Ia melangkah di atas panggung dengan gaun asimetris berwarna pink yang mencolok.

Gaun itu adalah rancangan alejandro Fajardo. Gaun itu memberikan kesan Berani, menyenangkan, dan tidak biasa.

5 dari 9 halaman

5. Filipina

Rabiya Mateo memukau para penonton dengan gaun one shoulder warna kuningnya. Warna kuning yang dipilih menggambarkan kegembiraan dan perayaan.

Gaun tersebut dihiasi oleh payet-payet yang bergemerlap. Desain busana itu dilengkapi dengan ekor gaun menjuntai yang dikibaskan Rabiya saat penampilannya berlangsung.

6 dari 9 halaman

6. Myanmar

Miss dari Myanmar mengalami kejadian yang tidak menyenangkan. Dia kehilangan koper yang berisi gaun malamnya. Namun, kejadian itu tidak mematahkan semangatnya.

Thuzar Wint Lwin tetap tersenyum dan melangkah bersama gaun merah berpotogan silang pada bagian atasnya. Pada akun Instagramnya, ia berkata bahwa gaun yang dikenakannya tersebut disediakan oleh organisasi Miss Universe.

7 dari 9 halaman

7. Kamboja

Sarita Reth tampil dengan gaun terompet asimetris berwarna teal rancangan Rian Fernandez. Dalam akun Instagram si desainer ia mebagikan makna dibaliknya.

Gaun tersebut terinspirasi dari Sampot yang juga dikenal sebagai jiwa nasional Kamboja. Pola sulaman manik-maniknya mengambil salah satu legenda Kamboja yakni Garuda yang menggambarkan kekuasaan dan bangsawan.

Warna teal yang dipilih melambangkan ketenangan yang merepresentasikan tradisi budaya negara bersahabat. Gaun itu dipenuhi dengan hiasan payet, rhinestones, kristal swarovski yang sepenuhnya disulam tangan.

 

8 dari 9 halaman

8. Laos

Miss asal Laos tampil anggun di hadapan para juri. Christina Lasasimma berjalan dalam balutan gaun malam yang memperlihatkan siluet ramping tubuhnya.

Gaun tersebut memiliki split berpotongan tinggi. Nampak payet bermotif bunga menghiasi gaunnya. Warna nude menjadi pilihan Miss Universe asal Laos satu ini. (Jihan Karina Lasena)

9 dari 9 halaman

5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.