Sukses

Nike Jual Ulang Sepatu yang Dikembalikan Konsumen untuk Kurangi Limbah, Bisa Dibeli di Mana?

Nike mengatakan, berbagai macam sepatu pria dan wanita, termasuk koleksi VaporMax, Air Max, dan React, disertakan dalam program tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Nike resmi menjual kembali sepatu yang dikembalikan pelanggan dengan harga diskon. Melansir laman CNN, Selasa (13/4/2021), langkah yang dimaksud diambil untuk mengurangi limbah fesyen.

Awal minggu ini, Nike mengumumkan bahwa pihaknya menerima sepatu konsumen yang "dipakai dengan apik" atau memiliki cacat produksi. Sepatu-sepatu itu kemudian dibersihkan dan disteril sebelum dijual kembali.

Saat ini, skema penjualan kembali sepatu-sepatu layak pakai itu baru berlaku di delapan toko Nike (NKE) di Amerika Serikat. Rencananya, praktik ini akan diperluas ke 15 lokasi lain pada akhir April dan beberapa lagi pada akhir tahun.

Sebagai langkah awal, sepatu yang dikembalikan pelanggan itu dijual dengan harga diskon di toko-toko tertentu di kota-kota Amerika Serikat. Langkah ini dianggap penting mengingat industri mode adalah salah satu pencemar terbesar di Bumi.

Merek-merek besar telah berlomba-lomba menekan dampak tersebut. Tahun lalu, Adidas dan Allbirds mengatakan bahwa mereka bekerja sama untuk menciptakan sepatu kets berperforma tinggi dengan jejak karbon serendah mungkin.

Sementara, Nike (NKE) berkomitmen mengurangi 70 persen emisi gas rumah kaca pada 2025. Mereka juga ingin meningkatkan jumlah produk jadi yang dapat diperbarui, didaur ulang, atau disumbangkan sebanyak 10 kali dalam periode tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syarat Sepatu yang Dikembalikan

Sebagai bagian dari inisiatif terbaru, sepatu Nike harus dikembalikan dalam jangka waktu 60 hari sejak tanggal pembelian agar memenuhi syarat untuk perbaikan. Setelah dianggap layak untuk dijual kembali, sepatu akan dikirim ke toko Nike yang berpartisipasi dan harga diskon ditentukan berdasarkan jenis, serta kondisi alas kaki.

Nike mengatakan, berbagai macam sepatu pria dan wanita, termasuk koleksi VaporMax, Air Max, dan React, disertakan dalam program tersebut. Inisiasi ini juga akan menambahkan koleksi sepatu anak-anak mulai musim panas tahun ini.

Sementara, beberapa sepatu yang dikembalikan bakal dijual kembali, Nike mengatakan, sisanya akan disumbangkan. Kemudian, sepatu yang tidak memenuhi kriteria untuk keduanya akan diubah jadi bahan daur ulang.

3 dari 3 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.