Sukses

7 Cara Merawat Wajah untuk Kaum Pria, agar Kinclong dan Tetap Sehat

Kaum pria pun menginginkan kulit wajah yang kinclong dan sehat. Tapi, semua itu membutuhkan proses perawatan.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit wajah yang kinclong dan sehat tak melulu jadi dambaan perempuan. Kaum adam pun menginginkan hal serupa. Tapi, tak ada hasil tanpa proses. Maka, perawatan wajah adalah jadi syarat untuk mendapatkan kulit yang ideal.

Tapi, cara merawat kulit antara pria dan wanita berbeda. Kulit pria cenderung lebih berminyak dan tebal dibandingkan perempuan. Hanya mencuci muka saja tak cukup untuk menjaga kulit tetap sehat.

Apa lagi perawatan yang diperlukan? Berikut tujuh tips yang bisa dipraktikkan seperti dikutip dari laman Timesofindia, Selasa, 6 April 2021.

1. 3 Hal Penting

Tahap pertama dan utama dalam perawatan kulit wajah adalah melakukan pembersihan (cleansing), toning, dan mengoleskan pelembab (moisturizing), baik pada pagi hari sebelum beraktivitas maupun malam hari menjelang tidur. Tujuannya untuk mengangkat tuntas kotoran yang menutup pori-pori wajah.

Pembersihan sangat penting dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Jika tidak, komedo akan bertumpuk. Pilihlah pembersih wajah yang sesuai jenis kulit. Jangan lupa untuk memakai pelembab wajah untuk menghidrasi kulit.

2. Gunakan Tabir Surya

Pria cenderung mengabaikan pemakaian sunscreen atau tabir surya pada wajah saat beraktivitas luar ruangan. Agar kulit terawat, Anda harus mengoleskan tabir surya dengan SPF minimal 30. Hal tersebut untuk menjaga kulit wajah terhindar dari paparan sinar UV yang merusak sel kulit.

Untuk memaksimalkan kegunaan, aplikasikan tabir surya ke seluruh permukaan wajah yang terpapar sinar matahari. Tunggu 15 menit hingga tabir surya terserap sempurna, barulah melangkah ke luar. Tabir surya juga sebaiknya tetap dioleskan meski beraktivitas di dalam ruang karena sinar UVB bisa menembus jendela.

3. Pentingnya Eksfoliasi

Pengelupasan sangat penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan infeksi bakteri pada kulit Anda. Jika tidak, pori-pori akan tertutupi kotoran dan memicu jerawat.

Pilihlah scrub dengan butiran lembut agar tidak mengiritasi kulit. Untuk jenis kulit normal hingga kombinasi, gunakan scrub berbahan dasar krim atau gel untuk menghilangkan kotoran dari wajah Anda agar tampak sehat dan bersinar.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Oleskan Krim Mata

Kerutan mudah sekali terlihat di area mata. Hal itu akibat kekurangan keringat dan kelenjar minyak. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengoleskan sedikit krim mata setiap pagi dan sebelum tidur.

5. Perawatan Bibir

Bibir termasuk bagian dari wajah Anda yang perlu diperhatikan. Bibir oria tak jarang pecah-pecah karena kurang terhidrasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan lip balm. Fungsi lip balm akan membuat bibir merasa lembut dan kenyal.

6. Manikur untuk Pria

Siapa sih yang suka melihat kuku kehitaman dan tak terawat? Maka itu, pria pun perlu merawat kuku mereka. Tak perlu terlalu ribet, minimal memotongnya dengan gunting kuku dan membersihkan selanya dari kotoran yang menempel.

7. Rawat Kebersihan Janggut

Tidak masalah untuk memanjangkan janggut jika menurut Anda tidak menggangu aktivitas harian. Tetapi, pastikan Anda menjaganya tetap bersih. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mencuci janggut dengan sabun dan sampo khusus. Selain itu, Anda perlu mengoleskan minyak khusus janggut dengan wawangian setelah mencucinya. (Muhammad Thoifur)

 

3 dari 3 halaman

5 Benda yang Harus Rutin Dibersihkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.