Sukses

Resep Cipak Koceak, Camilan Hits dari Garut yang Bisa Bikin Teriak

Mereka yang suka belum pernah mencicipi cipak koceak bisa membuatnya di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Garut tidak hanya terkenal akan dodol. Belakangan ini, Garut dihebohkan oleh makanan tradisional lainnya, yaitu cipak koceak. Camilan ini sebenarnya sudah lama ada, tapi baru belakangan namanya viral.

Dari segi namanya, makanan itu terbilang unik dan tentu banyak yang belum tahu. Sebagai nama tentu makanan itu memiliki makna tersendiri.

Kata "cipak" merupakan singkatan dari kata "cimol dempak" atau "gepeng". Sementara itu, kata "koceak" bermakna "teriak" yang berasal dari bahasa Sunda.

Dengan demikian, "cipak koceak" merupakan "cimol gepeng yang bisa membuat orang teriak". Pasalnya, makanan ini memiliki beragam tingkatan pedasnya dan bisa disesuaikan dengan selera.

Bumbunya campuran cabai dan limau, membuat cipak koceak mempunyai rasa pedas dan asam. Bagi mereka yang menyukai camilan dengan rasa pedas dan asam, cipak koceak bisa menjadi salah satu pilihan.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Pembuatan

Bagi Anda yang penasaran ingin mencicipinya. Berikut cara pembuatan cipak koceak atau yang disingkat ciko yang dilansir dari kreasi Reginna Sylvia (Ryu Family) di Cookpad.

Bahan-Bahan

Bahan cipak :

- 250 gr tepung kanji

- 125 gr tepung terigu

- 1 bungkus bawang putih bubuk

- 1 batang daun bawang diiris

- Garam

- Kaldu bubuk

- Secukupnya air panas

- Minyak untuk menggoreng

Bahan bumbu :

- 30 gram cabai rawit kering

- 2 bungkus bawang putih bubuk

- Kaldu bubuk rasa ayam

- Secukupnya minyak panas

- 2 buah limau(bisa ditambah jika suka lebih asam)

Langkah-Laangkah

1. Buat bumbu:blender rawit kering sampai halus. Setelah itu, campur semua bahan kering jadi satu. Aduk rata. Lalu siram dengan minyak panas. Aduk rata kembali, kemudian beri perasan jeruk limau, aduk lagi, sisihkan

2. Buat cipak: campur semua bahan lalu masukan air panas sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Setelah itu, lanjut diuleni dengan tangan. Bentuk adonan bulat lalu gepengkan dengan cara menghimpit bulatan aci dengan kedua tangan. Lakukan sampai habis, panaskan minyak. Lalu goreng aci sampai agak kering/matang.

3. Kalau mau lebih enak lagi cipaknya bisa diisi pakai ayam rebus yang diblender beri sedikit garam atau juga boleh pakai sosis, atau apapun sesuai selera.

3 dari 3 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.