Sukses

Bandung Masuk Jajaran Kota dengan Ragam Kuliner Lokal Terbaik di Dunia

Ridwan Kamil mengunggah tentang keberhasilan Bandung yang masuk jajaran kota yang memiliki ragam kuliner lokal terbaik di dunia versi Taste Atlas Awards 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Bandung tidak hanya dikenal beragam destinasi wisatanya yang indah, tapi juga dikenal dengan kulinernya. Berkat kulinernya, Bandung masuk dalam kota yang mencuri perhatian dunia.

Dalam unggahan terbaru, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginformasikan tentang Bandung yang masuk jajaran juara dunia dalam bidang kuliner lokal. Capaian itu menandakan Bandung tak kalah dengan kota-kota lain di dunia.

"Salam Seblak, SELAMAT! untuk ragam dan kualitas kuliner lokal Bandung yang masuk jajaran juara dunia dan juara 1 se ASEAN, dari Taste Atlas Award 2020," tulis Kang Emil sebagai keterangan foto, Kamis, 18 Agustus 2021.

Taste Atlas adalah situs berbasis di Kroasia yang fokus pada masakan tradisional, makanan lokal, resep otentik, dan ulasan ahli. Taste Atlas berisi hampir 20.000 hidangan, 15.000 restoran, dikumpulkan dari seluruh dunia oleh tim yang terdiri dari 30 penulis dan peneliti.

Dalam unggahan itu, Emil menyebut sejumlah makanan lokal Bandung, seperti tutug oncom, batagor, surabi, serta cendol. Ia meminta agar terus dipertahankan hingga dipopulerkan.

"Kepada Om Tutug Oncom tolong Pertahankan. Kepada Bang Tigor Batagor tolong tingkatkan. Kepada Bibi Surabi tolong terus promosikan. Kepada ‘Ratu Elizabeth’, Cendolnya tolong dipopulerkan. Salam Seuhah," lanjut Ridwan Kamil.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersanding dengan Kota Terkenal Dunia

Dalam unggahan itu, Ridwan Kamil juga menyertakan tangkapan layar akun Instagramn @seasia.co. Bandung masuk dalam jajaran kota-kota terkenal di dunia yaitu Paris, Roma, Buenos Aires, Instanbul, Mexico City, dan Kyoto.

Di bawah Bandung, terdapat Naples, Melbourne, Lisbon, Beirut, dan New Delhi. Selain itu, terdapat kota lain yaitu Banglore, Bangkok, Mumbai, dan Hong Kong.

"Kota dengan makanan lokal terbaik menurut kritikus restoran profesional dan 63.402 suara penonton TasteAtlas valid," komentar akun @seasia.co.

Warganet ramai mengomentari unggahan tersebut. Ada yang mengucapkan selamat, ada juga yang berharap diadakan festival kuliner setiap kabupaten di Bandung. "Adakan festival UMKM kuliner kang di tiap kabupaten, kayanya lebih banyak ragamnya lg..biar tereksplor kulinernya," komentar seorang warganet.

3 dari 3 halaman

Gempa Bandung dan Pergerakan Sesar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.