Sukses

Ternyata, Ini Bedanya Burger dan Hamburger

Orang-orang cenderung menyukai menyingkat kata-kata terpopuler atau umum. Misalnya lab untuk laboratorium, veggie untuk vegetarian, dan legit untuk legitimate.

Liputan6.com, Jakarta Ketika datang ke restoran cepat saji, kita pasti sering kali memesan roti yang berisi daging, sayuran, mayonaise. Yup, kebanyakan menyebut menu itu adalah burger. Ada pula yang menyebut hamburger. 

Dikutip laman Best Burger Guide, dalam bahasa Inggris, orang-orang cenderung menyukai menyingkat kata-kata terpopuler atau umum. Misalnya lab untuk laboratorium, veggie untuk vegetarian, dan legit untuk legitimate. 

Hal yang sama dilakukan juga untuk hamburger yang dipersingkat dengan nama burger. Di Inggris, burger merujuk pada makanan berisi daging giling yang dilapisi roti.

Sementara di Amerika, istilah burger secara khusus mengacu pada daging giling yang dibulatkan atau patty. Istilah burger juga dilekatkan untuk menggambarkan hamburger yang dibuat dengan bahan berbeda, misalnya full berisi sayur atau ayam. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini Perbedaan Jelas Burger dan Hamburger

Jai, hamburger disebut demikian karena negara asalnya, Hamburg, Jerman. Dengan cara yang sama orang menyebut hot dog sebagai frankfurter karena berasal dari Frankfurt, Jerman. 

Nah hamburger yang ada saat ini secara umum diyakini berkembang dari Steak Hamburg pada abad ke-19, hingga akhirnya sampai ke Amerika. Awalnya hamburger berisi daging yang dicincang dan mirip dengan patty pada burger. 

Ya, di negara asalnya, hamburger sudah pasti menyajikan roti yang berisi daging sapi. Nah untuk membedakan jenis daging tertentu yang digunakan sebagai isian makanan ini, orang banyak menggunakan istilah burger. 

Itu karena burger yang disajikan nggak cuma berisi daging sapi saja. Tapi juga disajikan dengan isian ayam. Hal ini berlaku di restoran dan tempat yang menawarkan burger yang menggunakan daging selain daging sapi. 

Nah ngomong-ngomong tentang burger, jadi laper nih. Untungnya sekarang restoran cepat saji mudah ditemukan dan tinggal pesan. 

Agar keinginan makan burger terpenuhi dan lebih hemat buat makan enak, jelajahi promo-promo restoran cepat saji. Misalnya Promo Spesial Burger Ayam mulai dari Rp10 ribuan! Yup, lewat promo itu, kamu bisa menikmati menu burger Krispy atau Krunchy dan nikmatin burger ayam favoritmu! 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini