Sukses

Penghargaan Upakarti dan IGDS 2020, Apresiasi atas Dedikasi Sektor IKM dan Insan Seni

Penganugerahan penghargaan Upakarti dan IGDS 2020 kepada sektor IKM dan insan seni diserahkan oleh Wapres RI.

Liputan6.com, Jakarta - Penganugerahan Penghargaan Upakarti dan Penghargaan Seleksi Desain Terbaik Indonesia (IGDS) 2020 telah berlangsung pada Kamis (10/12/2020). Prosesi penyerahan apresiasi ini turut dihadiri secara virtual oleh Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dalam kata sambutannya, Wapres Ma'ruf Amin mengucapkan selamat kepada para pemenang Upakarti. Dukungan turut ia sampaikan dengan memberikan semangat pada sektor industri kecil dan menengah (IKM) serta insan seni untuk terus berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan IKM.

"Ucapan selamat juga saya ucapkan kepada para penerima penghargaan desain produk industri terbaik, IDGS 2020. Teruslah berkarya dan berprestasi serta menginspirasi para perancang produk industri untuk terus melakukan inovasi dalam meningkatkan kualitas produk sesuai permintaan masyarakat," kata Ma'ruf Amin pada selebrasi virtual, Kamis (10/12/2020).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, menyebut Penghargaan Upakarti terlaksana dengan tujuan meningkatkan kesadaran, mendorong motivasi, serta prakarsa masyarakat untuk meningkatkan kesempatan berusaha dan perluasan kesempatan kerja di seluruh Indonesia.

"Dari total 151 usulan peserta penghargaan Upakarti, telah ditetapkan 10 penerima penghargaan Upakarti pada 2020, yang terdiri dari lima penerima kategori Jasa Pengabdian dan lima penerima kategori Jasa Kepeloporan," kata Agus dalam laporannya kepada Wapres.

Dilanjutkannya, kategori Jasa Pengabdian diberikan kepada orang-perseorangan Warga Negara Indonesia atau lembanga atau organisasi yang berkedudukan di Indonesia. Di mana, tugas dan fungsinya tidak melakukan pembangunan dan pemberdayaan terhadap IKM.

"Sedangkan kategori Jasa Kepeloporan diberikan kepada perusahaan berskala menengah atau besar dan berkedudukan di Indonesia yang melakukan pembangunan dan pemberdayaan IKM melalui pengembangan, penguatan keterkaitan, dan hubungan kemitraan dengan prinsip saling menguntungkan," tambahnya soal penghargaan Upakarti.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

IDGS 2020

Untuk IDGS 2020 sendiri terdiri atas dua kategori, yakni Design Product dan Design Concept. Untuk Design Product, diberikan atas desain produk industri berkualitas baik yang telah dan masih diproduksi atau dipasarkan.

"Kategori Design Concept diberikan atas konsep desain produk industri berkualitas baik dalam bentuk purwarupa atau prototipe dan atau sampel produk," kata Agus.

Total pendaftar IDGS tahun ini adalah 386 peserta. Penerima Penghargaan IGDS 2020 Design Product kategori Good Design sebanyak 19 produk, kategori Best 20 sebanyak 16 produk, kategori People's Choice sebanyak satu produk, kategori Best 3 sebanyak tiga produk, dan kategori Grand Award sebanyak satu produk.

Sementara Penerima Penghargaan IGDS 2020 Design Concept kategori Best 3 sebanyak tiga produk, dan kategori Grand Award sebanyak satu produk. Jumlah pendaftar terus naik dalam waktu empat tahun terakhir.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.