Sukses

Sederet Mitos Seputar Alexa Traffic Rank, Apa Saja?

Mitor mengenai Alexa Traffic Rank ini sempat beredar di kalangan pengguna internet.

Liputan6.com, Jakarta - Alexa Traffic Rank adalah layanan yang menakar kepopuleran situs web. Awalnya, Alexa Rank kali pertama diperkenalkan lebih dari dua dekade silam, lebih tepatnya pada 1998.

Adapun peringkat situs web di Alexa Traffic Rank didapatkan pada perkiraan trafik dan keikutsertaan pengunjung situs web dalam tiga bulan terakhir. Di sisi lain, terdapat sederet mitos soal Alexa Rank ini yang beredar di pengguna internet.

Lantas, apa saja mitos tersebut? Simak rangkuman soal mitos Alexa Traffic Rank seperti mengutip dari blog resmi Alexa, seperti berikut ini.

1. Mengklaim situs web berpengaruh pada peringkat

Mengklaim situs web tak berpengaruh pada peringkat dan cara ini tidak diperlukan agar situs web bisa diukur Alexa. Tetapi, mengklaim situs web dan selalu memperbarui deskripsi dan informasi kontak situs web secara berkala memungkinkan pemilik meraih peluang potensial dari jutaan orang yang mengunjungi Alexa setiap bulan.

2. Alexa hanya mengukur trafik dari pengguna Internet yang memasang toolbar Alexa

Mitos tersebut tidak benar. Panel pengukuran Alexa didasarkan pada sejumlah plugin dan ekstensi browser yang begitu banyak juga beragam.

Alexa Toolbar hanya salah satu dari banyak ekstensi browser yang menyertakan data Alexa. Untuk situs yang telah memasang kode Alexa Certify, Alexa langsung mengukur lalu lintas dari semua pengunjung ke situs web itu, terlepas dari apakah pengunjung memasang ekstensi Alexa atau tidak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Memasang widget Alexa akan meningkatkan peringkat

Sama seperti Toolbar, memasang widget Alexa tidak akan meningkatkan peringkat situs web. Ini hanya memungkinkan para pemilik untuk mempromosikan peringkat situs web mereka kepada pengunjung. Widget tersebut tidak digunakan untuk mengukur trafik situs.

4. Alexa hanya mengukur pemasar Internet Internet marketers dan pemilik situs web

Mitos ini tentunya keliru. Panel trafik Alexa didasarkan pada jutaan orang yang menggunakan lebih dari 25 ribu ekstensi browser berbeda.

3 dari 4 halaman

5. Jika membayar Alexa, bisa mendapatkan peringkat lebih baik

Mitos ini tidak benar, tetapi Alexa memang menawarkan beberapa layanan, salah satunya Marketing Stack. Layanan ini dapat membantu menemukan peluang untuk meraih lebih banyak trafik, yang pada akhirnya dapat menghasilkan peringkat lebih baik.

Jika pemilik memasang Kode Sertifikasi Alexa di situs web mereka, Alexa dapat langsung mengukur lalu lintas situs Anda alih-alih memperkirakannya saja. Pengukuran langsung akan menghasilkan peringkat lebih akurat, tetapi lebih akurat juga tidak berarti peringkat yang lebih baik.

6. Jika trafik naik pada hari tertentu, peringkat otomatis meningkat

Kenaikan trafik pada hari tertentu belum tentu berdampak langsung terhadap peringkat. Perlu diketahui, data Alexa Traffic Rank memang diperbarui setiap hari, tetapi ia didasarkan pada pengunjung ke situs web selama tiga bulan terakhir.

Maka dari itu, nilai trafik suatu situs web dalam satu hari hanya berkontribusi sekitar 1/90 dari semua trafik yang diukur untuk menentukan peringkat.

4 dari 4 halaman

Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.