Sukses

Fakta Unik Roti Lapis di Momen Hari Sandwich Sedunia, Ide dari Seorang Penjudi

Di Amerika Serikat, peringatan Hari Sandwich Sedunia dimanfaatkan sebagai momen menciptakan ragam kreasi roti lapis.

Liputan6.com, Jakarta - Sandwich atau roti lapis tentu bukan lagi makanan asing bagi kebanyakan orang. Jadi comfort food bagi sebagian besar di antaranya, makanan satu ini dikenal lewat topping sesuai selera.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa, 10 November 2020, menurut survei yang dilakukan Food Surveys Research Group, 47 persen orang dewasa di Amerika Serikat setidaknya mengonsumsi sandwich sebanyak satu atau lebih setiap hari.

Hal ini menunjukkan popularitas sandwich sebagai makanan yang mudah dibuat di rumah atau didapatkan di gerai-gerai makanan. Di Indonesia, sandwich jadi salah satu makanan favorit untuk sarapan, sebagai bekal, maupun teman minum teh.

Di samping itu, sandwich masih punya sederet manfaat menarik. Mulai dari asal-muasal sebutannya, hingga soal peringatan Hari Sandwich sedunia, berikut ulasan lengkapnya.

Pencipta Sandwich

John Montague adalah orang yang menciptakan sandwich pada 1762. Montague merupakan pemimpin Angkatan Laut Inggris di pertengahan abad ke-18 bergelar Earl of Sandwich IV.

Konon, Montague yang hobi berjudi menginginkan makanan untuk dinikmati tanpa perlu bangun dari tempat duduknya dan menghentikan perjudian. Juga, makanan tersebut memungkinkan Montague untuk tak menggunakan alat makan maupun mengotori jari-jarinya.

Berulang kali Montague meminta pelayan membawa irisan daging yang dilapisi dua lembar roti. Makanan ini akhirnya kian dikenal rekan-rekannya sampai melahirkan istilah sandwich.

Pada 1778, kapten dan penjelajah asal Inggris, James Cook, menemukan sekelompok pulau di tengah Samudra Pasifik yang ia beri nama Pulau Sandwich. Nama tersebut diberikan sebagai penghormatan pada Montague, diambil dari gelarnya, Earl of Sandwich. Pulau tersebut kini dikenal sebagai Hawaii.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Sandwich Sedunia

Hari Sandwich Sedunia ditetapkan pada 3 November, di mana orang-orang merayakannya dengan mengonsumsi sandwich. Di Amerika Serikat dalam momen perayaan itu, sandwich jadi makanan utama saat sarapan, makan siang, dan makan malam, dengan berbagai macam menu.

Bagi warga Amerika Serikat, Hari Sandwich Sedunia merupakan waktu yang tepat untuk menciptakan menu-menu sandwich yang baru. Sebagai negara yang banyak mengonsumsi sandwich, seru juga bila kebiasaan itu dilakukan di Indonesia.

SKIPPY® mengadakan berbagai macam kegiatan dengan hadiah menarik di sepanjang bulan November. Termasuk di dalamnya kompetisi membuat resep sandwich hingga beragam permainan seru.

Kegiatan perayaan Hari Sandwich Sedunia ini dapat diikuti di akun Instagram dan Facebook SKIPPY® Indonesia hingga 29 November 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.