Sukses

Ini Manfaat Mandi Air Hangat Ketika Kehujanan

Sebagian orang percaya mandi air hangat saat kehujanan merupakan solusi agar tubuh kembali fit. Apakah benar?

Liputan6.com, Jakarta Saat ini musim hujan sudah tiba. Mulai dari pagi sampai malam hari. Bagi mereka yang bekerja saat PSSB ini tentu harus menyiapkan beberapa hal agar terhindar dari hujan. Kalau tidak saat pulang kantor, tentu kamu akan basah dan kalau didiamkan, kamu akan terserang flu sampai meriang.

Maka dari itu, banyak orang menganggap saat kehujanan alangkah baiknya segera mandi, untuk membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh. Sebagian orang percaya mandi air hangat saat kehujanan merupakan solusi agar tubuh kembali fit. Apakah benar?

Dilansir dari laman Liputan6, Kamis (2/2/2017), saat kena hujan, lebih baik bersihkan tubuh dengan mandi air hangat. Ingat, air hujan yang dingin membuat suhu tubuh tidak stabil.

Melihat hal itu, air hangar memang menjadi cara terbaik saat kamu kehujanan. Selain memberikan relaksasi, mandi air hangat tentu bisa menghilangkan kuman dan bakteri pada tubuh.

Selain itu, air hangat akan menstabilkan suhu tubuh. Ketika membasuh tubuh saat mandi, jangan lupa gunakan sabun antiseptik untuk membunuh infeksi yang kemungkinan berkembang di tubuh setelah Anda kehujanan.

Perlu diketahui, mandi air hangat tidak hanya mengembalikan suhu tubuh saja, melainkan  menghindari diri dari sakit, terutama sakit kepala.

Dari situs pribadi Dr Avinash Padhke SRL Diagnostics, setelah kamu kehujanan, pastikan mandi dan berganti pakaian dengan kering segera.

Tak hanya itu, Air hangat sangat bermanfaat meredakan flu dan batuk karena uap air hangat bisa melegakan hidung dan tenggorokan.

Selain itu, Air panas bisa mengatasi insomnia dan gangguan tidur serta baik untuk merangsang datangnya kantuk. Mandi dengan air panas juga bisa meredakan stres, kelelahan, dan melemaskan otot yang tegang.

Beberapa studi menunjukkan, mandi dengan air panas menurunkan kadar gula darah dan menjadikannya bermanfaat bagi penderita diabetes. Sebuah studi juga mengungkap, kadar gula diabetesi yang berendam dalam air panas selama 20 - 30 menit selama tiga minggu berturut-turut mengalami penurunan sebanyak 13 persen.

Nah, dengan segudang manfaat di atas tidak ada salahnya Anda mandi dengan air hangat saat kehujanan. Namun, cenderung masih banyak orang menggunakan kompor untuk memanaskan air. Padahal hal itu tidak praktis. Anda cukup memiliki water heater atau alat pemanas air.

Menggunakan water heater membantu Anda secara praktis menyiapkan air hangat untuk mandi tanpa harus repot untuk merebus air.

Namun, masih banyak orang yang binggung, water heater seperti apa yang cocok untuk dirumah? Nah, maka dari itu mencari referensi produk yang terbaik menjadi vital.

Untuk memilih water heater terbaik, kamu bisa memilih dengan bentuk yang slim, elegan, dan smart use of space. Selain itu, pilihlah produk pemanas air yang berukuran kecil, jadi lebih mudah dipasang walalupun bentuk kamar mandi kecil.

Nah, kalau sudah begitu, kamu tetap sehat walaupun kehujanan sekalipun. Namun ingat, tetap menjalankan protokol kesehatan ya selama beraktivitas.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.