Sukses

7 Buah-Buahan yang Bisa Jadi Masker Terbaik untuk Cerahkan Wajah 

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas bekerja dari rumah atau work from home bisa menjadi momen yang pas untuk para ladies merawat wajahnya. Khususnya yang mengidam-idamkan memiliki kulit wajah yang cerah, bersih dan segar. Karena bekerja dari rumah, sudah tentu akan terbebas dari polusi udara yang selama ini kerap dirasakan ketika menempuh perjalanan ke kantor.

Selain itu, kamu juga terhindar dari terik matahari dan panas yang menyengat ketika akan pergi ke kantin untuk makan siang. Berkurangnya paparan sinar UV juga akan menekan produksi keringat dan minyak yang kerap muncul di kulit. Namun, diam saja di rumah dalam waktu lama tak lantas membuat kulit wajah kamu langsung cerah dan bersinar. Kamu perlu perawatan yang tepat sesuai dengan kulit serta mengonsumsi makanan yang baik untuk kulit.

Untuk perawatan wajah yang alami, kamu bisa mencoba dengan rutin menggunakan masker dari buah-buahan. Berikut ini 7 buah-buahan bisa jadi masker terbaik dikutip dari berbagai sumber: 

1. Alpukat

Buah yang identik dengan warna hijau kekuning-kuningan ini memiliki antioksidan alami yang tinggi sehingga membuatnya sangat efektif sebagai produk perawatan kulit anti-penuaan.

Selain itu, buah ini juga sangat baik untuk hidrasi karena mengandung asam lemak Omega 3 dan Omega 6 dan vitamin E, C, dan K.

Untuk membuat masker wajah, kamu cukup ambil bagian dalam buah alpukat lalu tumbuk hingga halus seperti pasta. Tambahkan satu sendok teh air lemon dan oleskan merata ke wajah. Biarkan selama 15-20 menit, setelah itu bisa dibilas.

2 dari 4 halaman

2. Apel

Buah Apel kaya dengan vitamin C, polifenol dan sifat antioksidan yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan produksi kolagen sehingga kulit tetap kencang dan bercahaya.

Untuk membuat masker wajah, kamu perlu menyiapkan 1 apel dan 1 sdm madu. Parut apel dan kumpulkan dalam sebuah mangkuk kecil. Tambahkan madu kedalamnya dan aduk sampai rata. Selanjutnya, oleskan ke wajah menggunakan kuas bersih dan steril. Biarkan selama 15-20 menit, setelah itu bilas menggunakan air.

3. Bengkoang

Buah bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang bisa dimanfaatkan untuk memutihkan wajah dan menjaganya agar tetap bersih bersinar. Tak heran jika bengkoang banyak digunakan oleh produk kecantikan sebagai pemutih wajah.

Untuk membuat masker ini, parut bengkoang hingga lembut. Campur dengan sedikit air. Kemudian aplikasikan ke wajah dan diamkan 15-20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

3 dari 4 halaman

4. Pepaya

Buah pepaya kaya akan enzim yang disebut papain yang menjadi agen pengelupasan kulit dan membantu menghilangkan sel kulit mati  sehingga bisa membuat kulitmu lebih bercahaya. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A tinggi yang dapat melemaskan kulit dan melawan tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus dan kerutan.

Untuk masker wajah, kamu hanya membutuhkan 2-3 potongan pepaya. Tumbuk sampai menjadi bubur, lalu tambahkan 1 sdt madu dan aduk hingga rata. Oleskan campuran tersebut ke wajah kamu dan didiamkan selama 15-20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

5. Pisang

Buah pisang kaya akan kalium, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin A, yang semuanya penting untuk menjaga kulit tetap sehat. Itu membuat kulit lembap dan bercahaya. Pisang juga memiliki sifat antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan lingkungan eksternal.

Untuk membuat masker dari buah ini, kamu butuhkan satu pisang matang dan 1 sdm madu. Lalu hancurkan pisang menjadi bubur menggunakan garpu. Tambahkan madu kedalamnya dan aduk rata. Oleskan campuran ini di wajahmu. Biarkan selama 15 menit. Lalu bilas.

6. Semangka

Semangka menjadi bahan pelembap alami dan pengelupasan kulit. Kandungan vitamin C dari semangka bisa menjaga kulitmu lembut dan kencang, sementara likopen yang ada di dalamnya melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Perpaduan dengan yogurt dan lemon, membuat masker wajah dari semangka semakin banyak memberi manfaat.

Siapkan 2-3 potongan besar semangka, 1 sdm yogurt dan 2-3 tetes jus lemon. Lalu hancurkan semangka menjadi bubur. Tambahkan yogurt dan jus lemon kedalamnya dan aduk rata. Oleskan campuran ini ke seluruh wajahmu.

4 dari 4 halaman

7. Stroberi

Buah stroberi kaya vitamin, folat dan antioksidan yang mampu meremajakan kulit wajah. Buah ini baik bagi mereka yang memiliki masalah kulit berminyak dan berjerawat. Untuk membuat masker dari buah stroberi, tumbuk halus buah stroberi secukupnya. Tambahkan satu sendok makan madu, oleskan pada wajah, biarkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

Itulah buah-buahan yang bisa jadi masker terbaik untuk cerahkan wajah. Selain menggunakan bahan-bahan alami langsung dari buah segar, kamu jika bisa menggunakan produk kecantikan yang juga memakai kandungan alami. 

Untuk kulit wajah yang sehat, cerah, dan lembab bisa kamu dapatkan dengan menggunakan pelembab berformula White Radiance Whip Active Moisturiser. Terobosan teknologi Active Rush dan formula Whip baru dengan teknologi Pearl-Optics di dalamnya mampu membantu melembabkan dan meratakan warna kulit wajah.

Lagi di rumah aja, ini saat yang tepat untuk merawat wajah kamu!

 

(*)