Sukses

Menjajal Seluncur Salju di Resor Ski Ramah Muslim di Kaki Gunung Fuji

Liputan6.com, Jakarta - Prefektur Yamanashi memang tak setenar prefektur lain di Jepang. Tetapi, prefektur yang berada di Pulau Honshu ini merupakan rumah bagi gunung-gunung tertinggi di Jepang, termasuk Gunung Fuji (Fuji-san), gunung tertinggi di Jepang yang juga adalah ikon negara.

Lokasinya berbatasan dengan Tokyo, Prefektur Kanagawa, Saitama, Shizuoka, dan Nagano. Kota Kofu adalah ibu kotanya dan yang terbesar, kota utama lainnya seperti Kai, Minami Arupusu dan Fuefuki.  

Saya dan rombongan JNTO di awal Maret lalu berkesempatan menjelajahi Yamanashi, dimulai dari Fujiten Snow Resort. Lokasi ini bisa jadi pilihan wisatawan pemula untuk bermain ski dan snowboard. Wisatawan akan dimanjakan dengan kemegahan Gunung Fuji di area bermain Fujiten ini. 

Pertengahan Desember hingga awal April adalah waktu yang disarankan jika ingin berlibur musim dingin di sini. Jika tak bisa menikmati liburan musim dingin, Fujiten Resort tetap jadi pilihan menarik liburan di musim panas, khususnya pada awal Mei hingga akhir October. Wisatawan bisa melakoni beragam aktivitas luar ruang seperti bersepeda gunung maupun ski di saat musim panas.

Saya dan rombongan berkesempatan mencoba berseluncur dengan slide. Masing-masing orang diberikan satu slide yang dilengkapi tali pegangan. Kami pun menuju bagian teratas area seluncur yang panjangnya sekitar 200 meter dengan kemiringan yang tidak terlalu curam.

Tak perlu bersusah-payah menuju ke atas. Ada eskalator kecil untuk membawa pengunjung ke bagian atas area seluncur salju sehingga tidak melelahkan mendaki dengan membawa slide. Jika Anda bukan pemain ski profesional ataupun tidak berminat mencoba ski, berseluncur jadi pilihan yang lebih aman tetapi tetap menarik.

Bahkan, saya keranjingan hingga bolak-balik berseluncur sekitar lima kali putaran. Ada sensasi menantang, serasa adrenalin terpacu saat slide ngebut meluncur ke bawah.

2 dari 3 halaman

Fasilitas bagi Pengunjung Muslim

Fujiten Snow Park juga menyediakan area khusus anak-anak bernama Chibikko-Island. Terdapat permainan seluncur dengan slide yang bisa dipakai oleh anak dari usia 2 tahun ke atas dengan panjang yang mencapai 50 meter. Tersedia pula tempat belanja yang menyediakan keperluan anak-anak untuk bermain salju, seperti sepatu boots hingga kupluk.

Selesai bermain, jangan lupa untuk beribadah bagi pengunjung muslim. Kini, Fujiten Snow Resort menyediakan ruang ibadah di lantai satu yang dapat dipakai oleh sekitar empat orang. Tempatnya bersebelahan dengan ruang anak-anak.

Tidak hanya itu, Fujiten Snow Park juga menyediakan menu ramah muslim di restoran luas mereka. Menu-menu bertanda tanpa babi dan alkohol ini dimasak di dapur yang berbeda dengan menu biasa. Pengunjung muslim bisa dengan tenang makan siang di sini. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh, di sini menawarkan oleh-oleh cokelat bersertifikat halal.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: