Sukses

6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Perawatan Rambut

Minyak kelapa punya segudang manfaat, termasuk membuat rambut halus dan berkilau.

Liputan6.com, Jakarta - Minyak kelapa punya beragam manfaat, baik untuk kesehatan dan kecantikan. Cara pembuatannya pun juga cukup mudah, yakni pilih kelapa agak sedikit tua, kupas, blender bagian daging, lalu tambahkan air matang dan letakkan di wadah bersih.

Minyak kelapa juga sangat baik digunakan untuk perawatan rambut supaya lebih halus, lembap, dan berkilau. Karena memiliki berat molekul yang rendah, minyak kelapa dapat menembus ke batang rambut dan menyerap lebih baik dari minyak biasa.

Lantas, apa saja manfaat minyak kelapa untuk perawatan rambut? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman mindbodygreen, Senin, 21 September 2020.

1. Masker rambut

"Lelehkan beberapa sendok makan minyak dengan api kecil, dan pindahkan ke mangkuk. Oleskan minyak kelapa hangat ke rambut, pijat lembut," kata hairstylist Miko Branch.

Sisir rambut dengan sisir bergigi jarang supaya tak terlalu kusut. Kemudian, tutup rambut dengan shower cap atau handuk hangat dan diamkan selama 10--30 menit.

"Gunakan sampo curl-friendly untuk membilas minyak kelapa dengan air hangat. Lanjutkan bilas dengan air dingin," tambahnya. Disarankan membersihkan minyak dari rambut secara menyeluruh agar minyak tak menumpuk.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Perawatan kulit kepala

Pijat kulit kelapa dengan minyak kelapa untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Penggunaan minyak kelapa dengan cara dipijatkan dipercaya dapat mendorong sirkulasi darah ke area tersebut. Cara ini juga membantu mengirim nutrisi penting dan oksigen ke folikel rambut.

3. Untuk rambut ikal

Minyak kelapa dapat digunakan untuk menata rambut. Menurut Branch, minyak kelapa bisa membantu membentuk pola ikal rambut, sekaligus melembapkan rambut dan mengurangi kusut.

"Untuk menambah ikal, produk minyak kelapa memberi kilau cemerlang sekaligus melindungi rambut dari cuaca musiman," lanjut Branch.

4. Menghilangkan kusut

Minyak kelapa jadi produk pencegah kusut pada rambut. Cukup lapisi rambut sebelum menyisir. Beberapa orang juga suka menghangatkan minyak dan menyimpannya dalam botol untuk disemprotkan pada rambut sebelum menata rambut sudah terlanjur kusut.

3 dari 3 halaman

5. Menata rambut bayi

"Untuk merawat rambut bayi yang rapuh, produk minyak kelapa sangat cocok. Perawatan ini tanpa residu yang tidak perlu," kata Branch.

6. Rambut bercabang

Meski tak ada cara untuk benar-benar memperbaiki ujung rambut bercabang, mengoleskan minyak kelapa ke ujung rambut dapat membantu menutup kutikula. Bagi mereka yang memiliki ujung rambut bercabang, ini dapat membantu rambut terlihat lebih sehat dan tak rapuh dengan menyembunyikannya. Minyak kelapa juga dapat menambah kerapatan pada helai rambut, jika rambut Anda terlihat tipis dan meruncing ke arah bawah. (Vriskey Herdiyani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.