Sukses

Tren Baru, Paket Isolasi Mandiri di Hotel dan Rumah Sakit

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 sangat berdampak terhadap industri pariwisata di Indonesia, termasuk perhotelan. Tingkat hunian hotel pun menjadi melemah, seiring banyaknya orang yang lebih memilih tinggal di rumah.

Namun, beragam inovasi dilakukan agar roda perekonomian tetap bergerak. Sejumlah hotel pun menawarkan paket menginap untuk isolasi mandiri.

Berbagai brosur paket isolasi mandiri beredar di dunia maya. Paket isolasi mandiri itu menawarkan berbagai fasilitas demi kesehatan dan kenyamanan para tamu.

Selain hotel, rumah sakit pun menawarkan paket isolasi mandiri. Harga paketnya pun sangat variatif, antara isolasi madiri di hotel dan di rumah sakit.

Tak hanya biaya, fasilitas antara hotel dan rumah sakit pun tak sama. Beberapa di antaranya visit dokter, pemeriksaan vital sign, surat keterangan sehat, serta fasilitas lain, seperti telepon, pilihan menu makan, dan lain-lain.

2 dari 3 halaman

Hotel dan Rumah Sakit

Berdasarkan brosur yang beredar, beberapa hotel yang menawarkan paket isolasi mandiri tersebut di antaranya Hotel Ciputra Jakarta, Hotel Santika, Hotel Grand Sahid Jaya, Nite & Day Hotel. Tiga hotel di atas bekerja sama dengan Rumah Sakit Pelni.

Hotel Ciputra Jakarta, misalnya, mereka memberikan layanan terhadap pasien OTG (Orang Tanpa Gejala) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan). Fasilitasnya di antaranya single bed untuk OTG dan double bed untuk ODP.

Selain ruang ber-AC, mereka juga mendapat makan tiga kali sehari. Biayanya Rp400 ribu per malam dan biaya tersebut belum termasuk biaya kunjungan dokter umum atau dokter spesialis.

Sementara itu, rumah sakit yang menawarkan paket isolasi mandiri, di antaranya RS Cinta Kasih Tzu Chi, RS PGI Cikini, Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Rumah Sakit Yarsi. Harga paket isolasi mandiri tersebut variatif antara rumah sakit satu dengan rumah sakit yang lain.

Untuk paket tiga hari di RSCK Tzu Chi, misalnya, Rp3,2 juta. Biaya tersebut sudah termasuk tes PCR satu kali, cek kesehatan, multivitamin, makan tiga kali sehari, dan snack dua kali sehari.

Sementara itu, untuk paket isolasi mandiri selama lima hari Rp4,7 juta, termasuk dua kali tes PCR, dan 14 hari Rp6,2 juta, termasuk rapid test satu kali. Biaya tersebut juga sudah termasuk tes kesehatan, multivitamin, makan tiga kali sehari, dan snack dua kali sehari.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: