Sukses

Pamor Fesyen Lokal Merangkak Naik di Tengah Pandemi

Liputan6.com, Jakarta - Masa pandemi corona Covid-19 telah berimbas kepada beragam sektor, termasuk ekonomi. Guna untuk kembali membangkitkan geliat perekonomian juga produk fesyen lokal, hadir gelaran model virtual Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020.

Perhelatan yang berlangsung sepanjang Agustus 2020 ini adalah inisiatif dari Kementerian BUMN melalui Bank BRI guna mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Terdapat lebih dari 300 kolaborator ambil bagian unjuk gigi kualitas dan inovasi produk.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin, 14 September 2020, selama digelar, NUFF 2020 berhasil menggaet lebih dari 2,2 juta penonton yang berasal dari dalam juga luar negeri. Sambutan hangat ini sekaligus jadi sinyal positif merangkak naiknya UMKM fesyen lokal garapan anak bangsa.

"Karya-karya anak bangsa memiliki desain dan kualitas yang tidak kalah dengan produk asing. Mari kita support hasil UMKM, fashion lokal dengan makin sering membeli barang-barang lokal. Bangga Buatan Indonesia," kata Erick Thohir, Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional/Menteri Kementerian BUMN.

Di sisi lain, NUFF 2020 memiliki misi khusus, yakni memperkenalkan ragam hasil karya mode karya anak bangsa kepada masyarakat Indonesia. Direktur Konsumer Bank BRI Handayani menyebut, selama gelaran ini dihelat, pihaknya mencatat terjadi transaksi dengan sales volume lebih dari Rp89 miliar.

"Angka ini meningkat hampir dua kali lipat di mana sales volume merchant offline dan online pada bulan sebelumnya atau sebelum event NUFF Rp45,8 miliar. Tentunya hal ini berdampak secara langsung bagi keberlangsungan bisnis UMKM sektor mode," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Lelang Amal

NUFF 2020 menampilkan karya presentasi mode digital karya 75 desainer dan UMKM Tanah Air yang berkolaborasi dengan 20 seniman bersama brand dan desainer mode. Sinergi juga melelang 10 karya eksklusif terbatas guna membantu UMKM terdampak.

CEO Samara Media & Entertainment Ben Soebiakto menyampaikan, NUFF 2020 memaksimalkan ekosistem digital jadi wadah presentasi mode Indonesia. Pihaknya menjadi penggerak bagi industri mode untuk kembali bangkit dan mempresentasikan karya para desainer.

"Pada 16--31 Agustus 2020 NUFF 2020 juga menggelar Charity Auction. Melalui lelang virtual ini, kami berhasil mendapatkan dana sebesar Rp 100.586.000. Seluruh dana yang dikumpulkan diserahkan kepada Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS), guna mendukung pengembangan UMKM mode di lima daerah wisata di Indonesia," kata Ben.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: