Sukses

Cara Penggunaan dan Perbedaan Dry Shampoo dengan Sampo Biasa

Liputan6.com, Jakarta -  Dry shampoo atau sampo kering termasuk produk kecantikan andalan para wanita untuk menyelamatkan tampilan rambutnya agar terbebas dari istilah bad hair day.

Beberapa penata rambut bahkan turut mengandalkan produk ini sebagai penyelamat penampilan rambut yang terpercaya. Kalau biasanya sampo hanya bisa digunakan di kamar mandi dan membutuhkan air untuk membilasnya, hal itu berbeda dengan sampo kering.

Sampo ini dapat digunakan dimana saja tanpa membutuhkan air untuk membilasnya. Dilansir dari laman Healthline, dry shampoo produk ini diklaim mampu mengurangi minyak, daki, dan kotoran pada rambut Anda.

Beda dengan sampo dan kondisioner basah, dry shampoo dapat dioleskan ke rambut Anda saat masih kering. Dry shampoo tidak perlu dibersihkan dari rambut Anda, dan biasanya digunakan di ubun-ubun kepala Anda dan area lain di mana minyak dan kilau dapat terlihat terkumpul.

Sebagian orang memakai dry shampoo untuk merapikan rambut setelah olahraga yang berkeringat atau menggunakannya setelah hairstyling seperti blow agar dapat bertahan lebih lama.

Meski begitu, simak dulu bagaimana cara dry shampoo bekerja Sebaiknya, tutupi kepala Anda dengan folikel rambut sebelum menggunakan dry shampoo. Folikel bisa menghasilkan sebum, minyak alami yang melembutkan kulit kepala Anda dan memberi tekstur pada rambut.

2 dari 3 halaman

Menyerap Minyak dan Keringat

Sebum termasuk penting karena bisa melembutkan rambut Anda dan membantu melindungi kulit di bawahnya. Namun saat Anda berolahraga hingga berkeringat, menghabiskan waktu di luar, atau bahkan melakukan aktivitas sehari-hari, minyak dan keringat dari kulit kepala terkumpul di rambut Anda.

Meski minyak di kepala termasuk hal yang normal, penumpukan minyak membuat rambut Anda tampak berminyak.  Mencuci, mengeringkan rambut, dan menata rambut setiap hari bisa memakan waktu. Selain itu, mungkin tidak baik untuk kesehatan rambut Anda.

Untuk itu, Anda bisa memakai dry shampoo. Sampo ini menggunakan alkohol atau bahan aktif berbahan dasar pati untuk menyerap minyak dan keringat dari rambut Anda. Menghilangkan minyak dari rambut Anda membuatnya tampak lebih bersih.

Biasanya dry shampoo juga mengandung pewangi, yang membuat rambut Anda wangi walaupun sedang tidak keramas. Walaupun begitu, dry shampoo tidak disarankan digunakan pada rambut kering, karena akan semakin membuatnya dehidrasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: