Sukses

Lewat Tas Belanja, IKEA Donasikan Masker dan Matras untuk Penanggulangan Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Tas belanja berwarna biru IKEA jadi penghubung aksi penggalangan dana demi membantu penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Lewat penjualan tas Frakta, terkumpul dana untuk donasi 17,5 ribu masker dan 250 matras bagi Gugus Tugas Covid-19 Jawa Barat.

"Jawa Barat merupakan salah satu wilayah penting bagi IKEA dan kami berkomitmen memberi dampak yang positif untuk Jawa Barat dan masyarakatnya," ujar Patrik Lindvall, Presiden Direktur PT HERO Supermarket Tbk, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis, 13 Agustus 2020.

Donasi tersebut merupakan bagian dari kampanye IKEA Indonesia, Blue Bag Project. Pergerakannya jadi wadah inisiatif sosial untuk memfasilitasi upaya kolaboratif antara IKEA Indonesia dan pelanggan guna mendukung berbagai permasalahan sosial.

Setiap keuntungan yang didapat dari penjualan tas belanja warna biru pada periode 1 Mei sampai 31 Juli 2020 di Indonesia, dikonversi jadi masker wajah pakai ulang dan matras. IKEA mengklaim hasil dari kampanye Blue Bag Project melampaui ekspektasi.

Patrik mengatakan, matras jadi salah satu kebutuhan penting untuk melengkapi ruang isolasi di wilayah Jawa Barat. Itu pula yang jadi alasan IKEA mendonasikan matras dalam Blue Bag Project. Selain itu, IKEA bakal memiliki dua cabang yang beroperasi di Jawa Barat.

Donasi tersebut diterima secara simbolis oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Selanjutnya, matras hasil donasi diserahkan pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Barat untuk memperkuat ketahanan Covid-19 di daerah tersebut.

Sejauh ini, Jawa Barat masih mengalami peningkatan jumlah kasus positif Covid-19. Bahkan pada 9 Agustus 2020, kasus yang terkonfirmasi positif mencapai 7.566. Ada lima daerah penyumbang kasus tertinggi, yakni Kota Bandung naik 287,5 persen, Kabupaten Bandung naik 164,4 persen, Cirebon, dan Kota Sukabumi masing-masing naik lebih dari 10 kali lipat, juga Kota Cimahi naik 400 persen.

2 dari 3 halaman

Tas Belanja Ikonis

Sementara, tas belanja berwarna biru ini merupakan salah satu produk ikonis IKEA. Usia tas tersebut kini mencapai 30 tahun.

Tersedia dalam beberapa model, tas tersebut diklaim sebagai tas paling fungsional di dunia karena bisa dipakai belanja, laundry, maupun ke pantai. Para pengunjung toko yang tak membawa tas belanja sendiri biasanya akan membelinya.

Bahkan, salah satu label fesyen ternama disebut menggunakannya sebagai inspirasi desain tas jinjing. Balenciaga pernah membuat tote bag biru yang langsung diasosiasikan dengan tas belanja IKEA. Harganya tentu saja berbeda jauh, tas jinjing Balenciaga dihargai Rp28 juta, sedangkan tas belanja IKEA ukuran medium berharga kurang dari Rp10 ribu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: