Sukses

Baikkah Madu dan Susu Dikonsumsi Bersamaan?

Madu dan susu sama-sama memiliki efek menenangkan, tapi bagaimana kalau keduanya dikonsumsi bersamaan?

Liputan6.com, Jakarta - Madu dan susu mengandung nutrisi penting dan dikenal banyak orang karena manfaat kesehatan. Madu diketahui memiliki sifat antioksidan dan antimikroba, sedangkan susu kaya protein, kalsium, dan asam laktat.

Namun, apakah madu dan susu baik bila dikonsumsi secara bersamaan? Sebenarnya, madu dan susu kombinasi klasik, dilansir dari laman Times of India, Rabu, 5 Agustus 2020.

Keduanya memiliki efek menenangkan, tetapi juga telah diteliti untuk sifat obatnya juga. Orang bisa mengganti gula dengan sesendok madu ke dalam susu yang memiliki manfaat potensial.

Susu menjadi salah satu sumber kalsium terbesar membantu meningkatkan kesehatan tulang. Susu juga kaya kalium, yang merupakan nutrisi penting yang dapat membantu mengatur tingkat tekanan darah.

Minum susu dengan madu adalah obat yang efektif untuk mencegah masalah pernapasan. Bila diminum hangat dapat membunuh dan membersihkan bakteri untuk meringankan infeksi saluran pernapasan. Selain itu, obat yang efektif ketika menderita sakit tenggorokan.

Sifat antibakteri dan antioksidan dari minuman ini menghancurkan bakteri penyebab infeksi di lambung. Ini membantu memulihkan bakteri usus yang baik dan mempercepat pemulihan dari penyakit perut apa pun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan Kualitas Tidur

Seperti yang disebutkan sebelumnya, madu dan susu memiliki efek menenangkan dan kenyamanan pada otak kita. Minum ramuan ini tepat sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Ada anggapan, mencampur madu dalam minuman panas membuat minuman ini beracun. Pernyataan ini tidak sepenuhnya benar. Masalahnya adalah dengan memanaskan madu. Ada anggapan umum bahwa memanaskan apa pun dengan gula dapat melepaskan bahan kimia yang disebut 5-hidroksimetilfurfual atau HMF, yang bersifat karsinogenik.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Nasional Informasi Bioteknologi, madu, ketika dipanaskan (> 140 ° C) dan dicampur dengan minyak samin menghasilkan HMF yang dapat berlaku sebagai racun pada waktunya. Jadi, lebih baik tidak memanaskan madu. Rebus susu dan biarkan dingin selama 10 menit sebelum menambahkan madu ke dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.