Sukses

Tahapan Cara Masak Nasi di Program BBC Food yang Jadi Sorotan

Komentar komedian asal Malaysia, Uncle Roger, jadi acuan populer dalam mengkritisi cara masak nasi yang muncul di salah satu episode BBC Food.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah lama sejak nasi tak bisa dipisahkan dari kultur makan orang Asia, tak terkecuali Indonesia. Maka dari itu, tak heran bila tahapan memasaknya sudah sangat familiar, bahkan dihafal di luar kepala.

Dalam sebuah video di media sosial, komedian asal Malaysia Nigel Ng, atau lebih dikenal dengan nama Uncle Roger, menyoroti cara sebuah program makanan BCC mengolah nasi. Ia menjalaskan, video pembuatan nasi tersebut dikirimkan salah seorang penggemar.

Rekam gambar yang dimaksud bertajuk "Hersha's Easiest Ever: Egg Fried Rice". Video ini berawal dari proses memasak nasi. Tampak di sana, beras dimasukkan ke dalam wadah dan air untuk memasaknya ditambahkan dengan cangkir.

"Mengapa Anda mengukur kadar air menggunakan cangkir? Gunakan saja ruas jari pertama di jari. Tahap pertama sudah salah. Saya tak percaya video ini bakal bagus," ucap Uncle Roger.

Kedua, ia memprotes beras yang hendak dimasak tak lebih dulu dicuci. Selama menunggu nasi matang, langkah selanjutnya adalah membuat telur orak-arik yang kemudian ditiriskan. Tak banyak komentar yang diberikan Uncle Roger di tahap ini.

"Nasi tak terlihat bagus. Basah sekali, Anda berbohong pada orang-orang," ucapnya menjawab komentar nasi terlihat bagus di program tersebut. Tahap selanjutnya kian mengagetkan dan mendapat komentar cukup pedas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengeringkan Nasi

"Apa yang Anda lakukan? Apa yang ia lakukan," ucap Uncle Roger. Komentar ini muncul karena di program tersebut, nasi disebut sudah matang bermaksud dikeringkan dengan cara disaring. "Anda membunuh saya perempuan. Keringkan nasi?" imbuhnya seolah tak percaya.

"Saya tak pernah melihat orang lain melakukan ini. Bila nasi basah (lembek), berarti Anda gagal. Sudah itu saja. Tak mungkin menyelamatkan nasi yang basah," ucap Uncle Roger.

Tahap berikutnya makin mengejutkan. Karena nasi yang berada di saringan kemudian dibasahkan kembali dengan air. "Apa-apaan ini? Mengapa Anda menyiramkan air ke nasi? Siapa sih yang masak nasi seperti ini? Bagaimana bisa perempuan ini ada di BBC Food?" katanya.

Nasi tersebut kemudian dicampur dengan bahan lain untuk dibuat nasi goreng, seperti telur orak-arik yang tadi disisihkan dan kacang polong. "Ini terlihat bagus, tapi terlalu sehat. Mana MSG-nya?" ucapnya.

Hingga saat memindahkan nasi goreng tersebut ke piring, Uncle Roger mengomentari bagaimana bisa ia menggunakan metal di penggorengan karena bakal menggoreng alat masak tersebut.

"BBC Food ini bukan video yang bagus. Publik memanfaatkan ini untuk membuat nasi goreng telur, tapi bukan yang bagus. Ini tak bagus untuk kultur China. Lain kali bila kalian mau membuat nasi goreng telur, undang Uncle Roger. Uncle Roger akan mengajarkan membuat nasi goreng telur yang benar dengan cara Asia," tandasnya. 

Melansir laman Star, Senin, 27 Juli 2020, Uncle Roger telah bertemu BBC Food Hersha Patel yang sesi memasak nasi goreng telurnya viral. Dijelaskan bahwa keduanya tengah membuat konten kolaborasi.

Ia pun meminta publik untuk tak merundung Patel. "Baik. Saya akan membuat pernyataan singkat. Saya melakukan pekerjaan untuk BBC, merepresentasi resep mereka. Saya tahu bagaimana memasak nasi. Hanya itu yang bisa saya katakan," ucap Patel mengklarifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.