Sukses

Bukan Tarik ke Dagu, Berikut 3 Cara Meletakkan Masker yang Benar Saat Makan di Luar

Bila Anda terbiasa menarik masker ke bawah dagu saat sedang makan di luar rumah, hentikanlah kebiasaan itu.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah restoran sudah kembali buka di Jakarta. Warga yang kangen makan di luar mulai ke luar rumah dengan aturan protokol kesehatan berbeda dari sebelum pandemi. Salah satunya, kewajiban memakai masker.

Tapi, Anda tak mungkin terus memakainya saat sedang makan. Lalu, di mana biasanya orang menaruh masker saat sedang menyantap hidangan? Sebagian mungkin meletakkannya di tempat yang aman, tetapi tak sedikit pula yang hanya menariknya ke dagu lantaran malas repot.

Bila Anda termasuk yang melakukannya, berhentilah. Dikutip dari AsiaOne, Selasa (14/7/2020), kebiasaan tersebut berisiko kesehatan yang tinggi. Ketika kita keluar rumah, tangan kita tanpa sadar menyentuh area yang banyak kuman, seperti pegangan pintu, meja, atau kursi. 

Selanjutnya, tangan Anda refleks menyentuh area sekitar wajah, termasuk dagu. Artinya, kuman bisa tertransfer ke area wajah kita.

Ketika masker ditarik ke bawah dagu, kuman yang telah menempel kemudian tertransfer ke masker. Berikutnya bisa ditebak saat masker dipasang kembali. Risiko kuman, termasuk virus, menginfeksi kita menjadi lebih tinggi.

Nah, apa yang semestinya Anda lakukan dengan masker yang tak dipakai selama makan? Ada tiga cara yang bisa diaplikasikan.

1. Taruh di atas tisu bersih

Menurut Dr. Ling Moi Lin, Direktur Pencegahan Infeksi dan Epidemiologi di Singapore General Hospital, Anda bisa menggunakan tisu bersih yang biasanya tersedia di meja untuk menaruh masker yang sudah dipakai. Pastikan bagian luar masker mengarah ke bawah, dengan tali ditaruh menjauh dari bagian dalam masker.

Setelah makan, Anda harus segera mencuci tangan dengan bersih sebelum memasang kembali masker. Pasalnya, benda-benda di sekitar Anda sangat mungkin sudah terkontaminasi oleh kuman.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Taruh di Plastik Bersih atau Kantung Kertas

Anda bisa membawa kantung plastik yang bisa disegel kembali ke manapun pergi dan menaruhnya di tempat itu. Ini solusi alternatif dibandingkan menaruhnya di atas meja begitu saja.

Atau, Anda bisa menggantinya dengan kantung kertas yang bermanfaat menyerap kelembapan dari masker bekas pakai. Dengan begitu, pertumbuhan jamur di masker bisa dihindari.

3. Gunakan kantung atau pouch khusus

Anda juga bisa menggunakan tas khusus agar lebih ramah lingkungan. Pouch masker juga mulai dijual luas di berbagai platform e-commerce.

Namun, apapun pilihan Anda, hal terpenting adalah selalu membersihkan tangan sebelum dan sesudah melepas masker, begitu pula saat akan memakainya kembali. Menaruhnya dengan tepat saat makan adalah satu langkah lain untuk menjaga Anda tetap aman saat beraktivitas di luar rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.