Sukses

Buah dan Sayur Efektif Atasi Ketiak Gelap, Kok Bisa?

Liputan6.com, Jakarta Kulit ketiak hitam dan gelap merupakan mimpi buruk para wanita, terlebih lagi jika sejak awal sebenarnya memiliki bakat atau keturunan kulit putih dan cerah. Selain tidak nyaman dipandang, hal tersebut membuat kita merasa kurang percaya diri dan tidak bebas dalam memilih berbusana. 

Penyebab utama dari kulit ketiak yang gelap adalah penumpukan sel kulit mati atau kerap mencukur bulu ketiak. Namun, kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan kondisi kulit ketiak yang terlanjur gelap. Kamu bisa mengembalikan ketiak jadi lebih bersih dan mengurangi warna gelap dengan beberapa bahan alami yang mudah ditemukan. Seperti dilansir dari Purelyb berikut ini;

1. Lemon

Buah lemon memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Selain antioksidan tinggi, ternyata buah lemon kerap dipakai untuk menyamarkan bintik-bintik hitam di kulit dan sebagai antiseptik alami. 

Cara memanfaatkannya, potong lemon dan tempelkan langsung pada kulit ketiak kamu, atau peras jusnya dan oleskan dengan menggunakan kapas. Biarkan beberapa menit agar sari dari buah tersebut terserap ke dalam kulit, lalu bilas. Metode ini bisa dilakukan setiap hari dan kamu mungkin dapat melihat hasilnya dalam satu atau dua minggu.

2. Kentang

 

Sayuran jenis umbi ini ternyata memiliki manfaat sebagai pemutih alami ketiak yang gelap. Sifat anti-iritasi yang dimiliki kentang mampu mengurangi rasa gatal akibat mencukur.

Caranya pemakaiannya sama seperti lemon, potong kentang dan gosokkan ke ketiak. Atau dengan cara lain yakni memarut kentang, kemudian peras air yang keluar dari kentang tersebut. Oleskan air kentang ke ketiak kamu. Setelah beberapa saat bilas dengan air dingin.

3. Mentimun

Mentimun tak hanya bagus untuk kulit wajah, tapi juga kulit ketiak lho. Karena mentimun punya sifat pemutihan kulit dan juga membantu mendinginkan serta menenangkan kulit. Untuk hasil terbaik, kamu bisa campurkan lemon dan mentimun sebelum diaplikasikan ke kulit ketiak.

4. Bengkuang

Tidak jarang banyak produk pemutih kulit seperti losion tubuh dari bahan bengkuang. Bengkuang terbukti khasiatnya dalam memutihkan dan mencerahkan kulit, hal ini dikarenakan bengkuang memiliki zat fosfor yang dapat mengangkat sel kulit mati. Kupas kulit bengkuang dan parut hingga halus, lalu gosokkan pada ketiak kamu. Biarkan selama 15 menit, dan bilas hingga bersih. Ulangi langkah ini sehabis mandi, penggunaan secara rutin akan memberikan hasil yang sempurna.

5. Pepaya Muda

Buah pepaya mengandung asam askorbat yang mampu mempercepat pengelupasan sel kulit mati serta mengecilkan pori-pori pada kulit ketiak. Selain itu juga kaya vitamin A, B9 dan E. Blender buah pepaya dan tempelkan pada bagian ketiak yang menghitam, diamkan selama 10 menit. Untuk hasil yang maksimal, lakukan 2-3 kali dalam seminggu. 

6. Kulit jeruk

Jangan anggap remeh kulit jeruk ya. Dengan sifat exfoliating, kulit jeruk secara tidak langsung mampu mengupas sel-sel kulit mati yang mana kemudian dapat mencerahkan kulit.

Cara menggunakan kulit jeruk untuk perawatan kulit ketiak memerlukan beberapa tahapan. Jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari, setelah kering, tumbuk kulit jeruk dan campurkan dengan air biasa atau air mawar sampai berbentuk pasta kental. Oleskan pasta tersebut ke ketiak dan biarkan mengering. Setelah mengering, cuci dengan air hangat.

Untuk perawatan kulit ketiak secara alami memang membutuhkan waktu dan usaha yang lebih. Selama kamu tekun dan sabar, keinginan untuk memiliki kulit ketiak bersih dan sehat alami tentunya bukan hal yang mustahil.

Namun, jika kamu merasa tidak sabar menggunakan buah dan sayuran di atas untuk mengatasi kulit ketiak gelap, alternatif terbaik adalah melakukan waxing daripada mencukur bulu ketiak dan menggunakan produk deodoran yang memiliki kandungan antiperspirant, mosturising cream, vitamin E hingga F. Kandungan tersebut tak hanya mencerahkan kulit tapi juga melembutkan kulit ketiak kamu.

Bye bye ketiak gelap.

 

(*)