Sukses

Kiat Memulai Bisnis Kuliner ala Chef Arnold

Chef Arnold berbagi tips yang salah satunya adalah memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Menjalankan bisnis memang membutuhkan sederet persiapan matang dan memikirkan banyak hal. Namun selain itu, ada beberapa kiat jitu yang dibagikan Chef Arnold bagi mereka yang mau merintis usaha terutama di bidang kuliner.

"Sekarang banyak orang bilang bisnis sulit, yes, kenyataan memang gitu tapi untuk kesempatan memulai kecil-kecilan itu sangat banyak dan besar," kata Chef Arnold dalam bincang daring bersama GoFood, Senin, 29 Juni 2020.

CEO Digitarasa ini melanjutkan, langkah awal dapat dari membuat pre-order (PO) di rumah. Sebagai sarana pendukung, juga bisa menggunakan platform digital, baik aplikasi jasa antar-makanan online hingga media sosial.

"Mau mulai bisnis, mulai aja yang penting ingat produknya harus bagus jangan takut-takut. Pakai semua opportunity dan platform digital yang ada. Promosi sekarang gratis di sosial media, Instagram banyak stiker-stiker yang supportable bisnis," tambahnya.

Bicara soal penjualan, ada langkah awal yang perlu diperhatikan. Dikatakan Chef Arnold dapat dimulai dari orang-orang terdekat terlebih dahulu.

"Yang paling dekat mulai jual dengan ring 1 kita, orang-orang terdekat untuk mensupport," ungkap Chef Arnold.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digitalisasi

Chef Arnold juga menambahkan alasan bisnis kulinernya juga ikut bermigrasi ke online. "Karena memang dari awal, arahnya sudah seperti itu. Semenjak ada internet, nertwork makin dekat," kata juri MasterChef Indonesia ini.

"Realita jadi poin platform delivery, ingin melayani customer di rumah dan senyaman mereka, itu sebelum Covid. Setelah Covid, mau enggak mau tetap survive untuk penjualan, dengan menggunakan platform-platform digital yang ada," tambahnya.

Era digitalisasi, disebut Chef Arnold, memang mau tidak mau akan mengarah ke sana. "Dengan adanya pandemi, sebagai pemilik bisnis, solusi sudah di depan mata," katanya.

"Bertahan di situasi ini bisa melayani mereka di rumah juga memposisikan bisnis kita di marketplace," jelas Chef Arnold.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.