Sukses

Viral Dekorasi Kamar Tidur Estetis Bujet Minimal, Ubah Sarung Bekas Jadi Taplak

Alan memakai barang-barang bekas yang ada di rumahnya untuk mendekorasi kamarnya. Ada sound system, sarung bekas, hingga kardus-kardus bekas.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu ruangan favorit semua orang di tempat tinggalnya adalah kamar tidur. Tak hanya untuk tidur, ruangan ini juga sering digunakan untuk berbagai aktivitas pemiliknya. Untuk itu, butuh dekorasi khusus agar kamar yang dihuni semakin terasa nyaman.

Namun, tak sedikit juga yang enggan mendesain ulang kamar tidurnya karena membutuhkan banyak modal. Baru-baru ini, sebuah akun Twitter bernama Alan, @haibebih, membagikan tips mendekor kamar dengan modal rendah.

Meski hanya dengan dekorasi sederhana, kamar yang akan dihuni pun tak kalah estetis dan nyaman. Dalam beberapa cuitan pada 28 Mei sampai 30 Mei 2020, Alan menjelaskan awal mula dirinya mempunyai ide mendekorasi kamar.

Menurutnya, ide tersebut muncul untuk menghilangkan rasa jenuh di tengah pandemi corona Covid-19. Hampir setiap hari berada di rumah, termasuk di dalam kamar, mulai timbul keinginan Alan untuk mengubah dekorasi kamarnya.

"Dan karena sekarang lagi ada pandemi, banyak waktu yang bisa d manfaatin selama dirumah, salah satunya dekor ulang kamar. Alasan aku dekor kamar selain hobi adalah dimasa pandemi ini gimana caranya supaya aku bisa betah dirumah ya aku buat kamar aku jadi senyaman mungkin," tulis Alan.

Adapun keperluan dekorasi yang dibutuhkan, Alan memakai barang-barang bekas yang ada di rumahnya. Ada sound system, sarung bekas, hingga kardus-kardus bekas.

Hasil karya dekorasi sederhana milik Alan pun cukup menarik. Untuk meja rias misalnya. Alan menggunakan sound system bekas untuk dijadikan meja. Sedangkan untuk taplak meja, ia memilih sarung bekas sang ayah.

"Untuk tempat meja rias aku, aku pake sound system yang udah gak kepake buat aku jadiin meja, trus aku akalin tutup pake sarung kotak-kotak bekas bapake," tulisnya lagi. 

Sakskan video pilihan di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hanya Bermodal Rp155 Ribu

Untuk menambah nuansa estetik kamarnya, Alan turut menambahkan beberapa tanaman hias dalam pot. Sementara untuk lukisan, ia lebih memilih untuk mencetaknya sendiri, lalu diberi bingkai agar tampak lebih menarik.

Ia mengatakan membeli tanaman di pinggir jalan dengan harga Rp10 ribu – Rp15 ribu per satu pot tanaman. Meski begitu pot tanaman tidak diletakkan di dalam kamar sepanjang hari, tapi dipindahkan ke luar rumah saat malam hari.

Ia juga membuat sendiri lukisan tanaman dari hasil cetak komputer. Alan sengaja memilih tema tropikal untuk dekorasi kamarnya karena sangat menyukai tanaman.

Dari hasil dekorasinya tersebut, Alan mengaku hanya mengeluarkan uang dengan total sebesar Rp155 ribu saja. Uang tersebut ia pergunakan untuk membeli sebagian barang yang tidak ada di rumahnya. Seperti tanaman hias, lakban, hingga karpet.

Untuk menyimpan pakaian, Alan tidak memakai lemari. Ia lebih memilih memakai keranjang dan gantungan baju yang dibuatnya dari pipa paralon.Alan mengaku tidak punya latar belakang pendidikan desain interior, tapi sudah lama menyukai seni dekorasi rumah.

"Dari jaman smp udah seneng rapi-rapi dan nata barang gtu, dan aku juga suka seni, walau gak aku perdalam," cuit Alan pada 30 Mei 2020. Saat ini, unggahan Alan telah dibagikan oleh lebih dari 27 ribu pengguna akun Twitter.

Selain itu, tips mendekorasi kamar ala Alan yang estetis, simpel dan hemat biaya pun turut menarik perhatian warganet. "Sarung bapak ternyata estetik juga ya," tulis seorang warganet.

"Gapeduli estetik atau enggak. Yang penting suka bnget liat kamar cowo serapi ini plus sekreatif ini buat desain kamar pake barang seadanya," komentar warganet lainnya. Bagaimana menurut Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.