Sukses

Alasan Kate Middleton Tak Pakai Tiara Putri Diana Saat Menikah dengan Pangeran William

Ada satu perbedaan mencolok antara pernikahan Kate Middleton dan Pangeran William pada 2011 dan Putri Diana dengan Pangeran Charles pada 1981.

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan Kate Middleton dan Pangeran William jadi salah satu momen spesial yang paling dinanti, sejak Pangeran Charles menikahi Putri Diana. Semua elemen pernikahan menjadi sasaran spekulasi, termasuk perhiasan.

Dilansir dari laman Express, Selasa (2/6/2020), banyak komentator kerajaan berpendapat bahwa istri Pangeran William mungkin memakai tiara yang sama dengan ibunya pada hari pernikahannya.

Tiara yang dikenakan Putri Diana pada hari pernikahannya tampak tidak berbeda dengan tiara yang Kate Middleton kenakan untuknya. Kate memakai Tiara Cartier Scroll di hari pernikahannya.

Namun, karya ini, yang dipinjam dari Ratu Elizabeth II, tampak sedikit lebih sederhana desainnya. Tiara ini hadir dengan sentuhan berlian dan platinum dan diatur dengan satu berlian besar di tengah. Tiara tersebut diberikan kepada Ratu untuk ulang tahunnya yang ke-18.

Tiara pernikahan Diana adalah tiara scroll yang sedikit lebih besar, dengan desain bunga. Berbeda dengan tiara Cartier yang terbuat dari banyak logam, dengan bunga berbentuk bintang berlian, tulip dan dedaunan, diatur dalam perak di atas dasar emas.

Namun, Kate tidak memakai tiara itu untuk pernikahan kerajaannya dengan Pangeran William karena itu bukan tiara kerajaan. Tiara sebenarnya milik keluarga Lady Diana Spencer sendiri. Oleh karena itu, ini dikenal sebagai tiara Spencer.

Alasan banyak elemen dari desain mungkin karena tiara itu dirakit yang membutuhkan waktu hingga lembur dan dibuat oleh banyak tangan yang berbeda. Diperkirakan pada 1838 pernah menjadi milik Frances, Viscountess Montagu, lalu diturunkan ke kakak Putri Diana, Lady Sarah Spencer dan kemudian jadi harta keluarga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiara Putri Diana

Tidak sampai 1930-an ketika tiara dikerjakan oleh Garrad, perusahaan membuat empat buah lagi untuk tiara dan menyelesaikannya dalam bentuk yang kita lihat hari ini.

Tiara juga dikenakan oleh saudara perempuan Diana, Lady Jane dan Lady Sarah Spencer dalam pernikahan mereka. Tiara belum dipakai lagi sejak kematian Putri Diana, tetapi benda itu kerap dipamerkan bersama gaun pengantin Diana selama beberapa tahun.

Tiara keluarga Camilla juga merupakan bagian berlian yang menakjubkan, yang telah ada di keluarga itu selama bertahun-tahun. Camilla mengenakan tiara Cubitt-Shand untuk pernikahan pertamanya dengan Andrew Parker Bowles.

Putri Camilla, Laura, mengenakan tiara untuk pernikahannya sendiri pada 2006. Namun, Camilla masih mengenakan tiara hingga hari ini. Terbuat sepenuhnya dari berlian, tiara ini menampilkan desain bunga yang terletak di dalam karangan bunga daun yang tebal.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.