Sukses

Pangeran Harry dan Meghan Markle Mulai Mencicil Utang Biaya Renovasi Rumah Pemberian Ratu Elizabeth II

Pangeran Harry dan Meghan Markle diperkirakan baru bisa melunasi cicilan utang renovasi rumah sebelas tahun lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dan Meghan Markle mulai mencicil utang biaya renovasi Frogmore Cottage. Biaya renovasi rumah pemberian Ratu Elizabeth II itu mencapai 2,4 juta pound sterling atau lebih dari Rp43 miliar. 

Pembayaran utang dilakukan segera setelah Pangeran Charles sepakat untuk menanggung biaya keamanan pasangan tersebut yang kini tinggal di Amerika Serikat. Duke dan Duchess of Sussex itu berjanji untuk membayar biaya renovasi rumah saat memutuskan mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris.

Pasangan yang menikah pada 19 Mei 2020 tersebut ingin mempertahankan Frogmore Cottage sebagai kediaman mereka bila sedang berkunjung ke Inggris. Rumah lima kamar tersebut kini kosong tanpa kehidupan.

Dikutip dari The Sun, Rabu (27/5/2020), sebuah sumber mengatakan Harry dan Meghan tampaknya kekurangan uang setelah tim keamanan dari Kepolisian Metropolitan ditarik setelah mereka pindah ke Los Angeles. Daily Mail melaporkan Pangeran Harry sempat meyakini hingga menit-menit terakhir bahwa mereka bisa mempertahankan tim keamanan yang ada.

Namun, otoritas di Kanada, tempat di mana mereka tinggal sebelum pindah ke Los Angeles, menegaskan bahwa mereka tidak akan menyediakan perlindungan bagi pasangan Harry dan Meghan. Pernyataan senada juga dilontarkan Presiden AS Donald Trump yang meminta mereka membayar biaya keamanan sendiri.

Orangtua Archie Harrison itu akhirnya menyewa jasa tim keamanan swasta yang biayanya diperkirakan mencapai empat juta pound sterling per tahun. Karena pengeluaran tak terduga itu, Meghan dan Harry dilaporkan meminta Pangeran Charles membiayai ongkos keamanan sehingga mereka bisa membayar utang karena Frogmore.

"Mereke mengira pembayar pajak di Inggris akan terus membayari tagihan untuk perlindungan mereka tetapi kemudian saat fasilitas ditarik dari mereka, mereka lalu meminta Pangeran Charles membantunya," kata seorang sumber kepada Daily Mail.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berapa Cicilannya?

Pasangan Sussex itu akan mencicil utang mereka sebesar 18 ribu pound sterling atau sekitar Rp327 juta per bulan untuk biaya renovasi. Dalam perjanjian diketahui ada kesepakatan sewa tambahan di mana mereka membayar lebih dari harga komersial sehingga eksesnya bisa digunakan untuk membayar ongkos renovasi.

Diperkirakan, mereka baru bisa melunasi utang sebelas tahun lagi. Itu pun bila tak memasukkan perhitungan bunga maupun biaya rutin yang keluar untuk merawat properti.

Rumah itu sebelumnya direnovasi enam bulan agar Harry dan Meghan bia pindah sebelum kelahiran bayi Archie. Properti yang terdaftar sebagai Grade II itu memerlukan penyambungan kabel kembali dan pemasangan kompor gas modern dan saluran air.

Namun, pasangan itu hanya menempatinya selama beberapa minggu saja. Bahkan, anak mereka lebih sering tinggal di luar Inggris.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.