Sukses

Penemuan Spesies Endemik Baru Reptil di Taman Nasional Bali Barat

Bali ternyata memiliki spesies endemik baru reptil yang dalam bahasa lokal dikenal dengan nama tokek.

Liputan6.com, Jakarta - Ada temuan terbaru dari Pulau Bali. Kali ini bukan tentang pariwisata, tapi seputar hewan reptil. Bali ternyata memiliki spesies endemik baru reptil dari jenis Gecko Cyrtodactylus atau dalam bahasa lokal dikenal dengan nama tokek.

Berita menggembirakan tentang penemuan spesies endemik baru di kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) ini datang bertepatan dengan International Day for Biological Diversity atau Hari Keanekaragaman Hayati Dunia pada 22 Mei 2020.

Dalam keterangan tertulis dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sabtu, 23 Mei 2020, para peneliti telah memuat penemuan spesies baru ini dalam jurnal TAPROBANICA Vol.09, No.1, Mei 2020, yang ditulis bersama oleh beberapa peneliti.

Mereka terdiri dari A.A. Thasun Amarasinghe (Research Center for Climate Change Universitas Indonesia/RCCC UI), Awal Riyanto (Museum Zoologicum Bogoriense/MZB), Mumpuni (Museum Zoologicum Bogoriense/MZB), dan Lee L. Grismer (La Sierra University, California, AS).

Spesies endemik baru ini oleh peneliti, diberi nama Cyrtodactylus jatnai. Penamaannya diberikan sebagai penghargaan kepada ahli konservasi, ekologi dan primatologi Prof. Jatna Supriatna (Universitas Indonesia) yang lahir di Bali.

Penghargaan diberikan atas kontribusinya yang luar biasa bagi konservasi keanekaragaman hayati di Indonesia dan juga atas kebaikan serta dukungan yang diberikan selama kegiatan penelitian.

Menurut Amarasinghe dkk. (2020), sejak seratus tahun yang lalu, spesies tersebut dikenal sebagai Cyrtodactylus fumosus. Namun berdasarkan pemeriksaan mendetail, ditemukan bahwa Cyrtodactylus dari Bali, setidaknya adalah satu spesies yang berbeda.

Secara morfologi dan contoh dari beberapa daerah biogeografi lainnya menunjukkan kemiripan dengan Cyrtodactylus seribuatensis dari Pulau Seribuat di Malaysia bagian barat. Namun ada ciri morfologi yang membedakan, yaitu pada bagian sisiknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemungkinan Ada Spesies Baru Lagi

Agus Ngurah Krisna selaku Kepala Balai TNBB Kementerian LHK menyampaikan bahwa penemuan ini merupakan hasil penelitian dalam rangka kerjasama antara Balai TNBB dengan Pusat Riset Perubahan Iklim Universitas Indonesia (Reseach Center for Climate Change Universitas Indonesia/RCCC UI) tentang Pelaksanaan Demonstrasi Proyek The Rainsforest Standard Protected Area Credit di Kawasan TNBB pada 2015 sampai dengan 2016.

"Masih terdapat kemungkinan bertambahnya spesies baru dari hasil kegiatan penelitian ini. Beberapa jenis herpetofauna masih unidentified dan sedang dalam penelitian mendetail oleh Tim Peneliti RCCC UI dan MZB," ujarnya, di Gilimanuk, Balai Taman Nasional Bali Barat, 22 Mei 2020.

Temuan spesies baru tentunya menambah keanekaragaman hayati Kawasan TNBB. Sebelumnya, tercatat ada 18 jenis mamalia, 205 jenis burung, 13 jenis reptil, 10 jenis amfibi, 67 jenis kupu-kupu dan lebih dari 120 jenis ikan.

Hal ini juga didukung oleh keberadaan ekosistem yang cukup lengkap mulai dari ekosistem hutan hujan dataran rendah dengan 72 jenis pohon, ekosistem hutan musim dengan 66 jenis pohon.

Lalu ekosistem savana dengan 55 jenis pohon, ekosistem mangrove dengan 18 jenis pohon, ekosistem hutan pantai dan ekosistem terumbu karang.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini