Sukses

4 Kategori Terlaris dan 3 Produk yang Paling Dicari di Shopee Selama Ramadan 2020

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye Big Ramadhan Sale yang dilakukan Shopee kali ini terbilang spesial. Kampanye tersebut diawali pada 6 April 2020 dan akan berakhir pada 25 Mei 2020.

"Selama bulan ini saja (Mei), kami ada tiga promo puncak, yaitu pada tanggal 5, 11, dan 15 Mei 2020. Kami juga memberikan banyak sekali kebutuhan sehari-hari kepada pengguna kami," ujar Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, dalam konferensi pers lewat YouTube, Selasa (19/5/2020).

Di tengah pandemi saat ini, kata Handhika, ada sejumlah kategori yang tercatat sebagai kategori terfavorit Shopee yang mengalami kenaikan transaksi empat kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan hari biasa.

"Pakaian Muslim, perlengkapan rumah, makanan dan minuman, dan kebutuhan ibu dan anak," ujar Handhika.

Barang-barang seperti itu memang naik setiap Ramadan. Namun, hal itu juga terjadi karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan anjuran Di Rumah Aja.

"Sementara produk yang paling dicari selama Big Ramadan Sale Shopee, di antaranya gamis, masker, dan baju koko," imbuh Handhika Jahja.

2 dari 3 halaman

10 Juta Chat Setiap Hari

Selain itu, menurut Handhika Jahja, Shopee juga mencatat akan yang menarik. Hal itu terjadi karena perubahan perilaku orang, terlebih berbelanja dari rumah.

"Kami mencatat 10 juta chat setiap hari. Itu perubahan dari behaviour itu semua dilakukan melalui digital, berbicara melalui chat," ujar Handhika.

Tak hanya itu, transaksi Shopee juga sudah berubah dari COD, atau transfer lewat bank, saat ini sudah melalui transaksi cashless sekitar 40 persen menggunakan Shopee Pay.

Dalam kesempatan itu, Shopee juga mengumumkan total penerimaan zakat dan donasi dari pengguna Shopee yang disalurkan melalui Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) dan BenihBaik.com sebesar Rp730.063.429.

Sebagian dari total dana yang terkumpul yang digunakan Baznas sudah diserahkan kepada ribuan mustahik di Jabodetabek. Sebagian juga disalurkan melalui BenihBaik.com untuk program Dukungan Sembako untuk Covid-19.

"Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Shopee ini untuk ikut membantu masyarakat," ujar Direktur Utama Baznas M. Arifin Purwakananta.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :