Sukses

7 Manfaat Melon yang Perlu Anda Tahu, Bisa untuk Diet

Melon merupakan salah satu buah yang gampang ditemukan di mana-mana.

Liputan6.com, Jakarta - Buah melon memiliki banyak manfaat karena kaya dengan kandungan zat dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Dalam satu buah melon mengandung 60 kalori dan 14 gram gula alami.

Buah melon juga dapat memberikan energi, dan mengandung rendah lemak. Kebanyakan orang mengonsumsinya sebagai santapan selingan sebelum atau setelah makan.

Selain memiliki rasa yang manis, buah melon juga memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Apa saja? Berikut tujuh di antaranya seperti dirangkum tim Ngovee dari Jovee.

● Tinggi Kandungan Kalium

Kekurangan kalium dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Nah, dalam satu cangkir atau setara dengan 100 gram daging buah melon, mengandung kalium dengan kadar yang seimbang untuk tubuh.

Selain untuk melancarkan detak jantung, mengonsumsi melon juga membantu mencegah naiknya tekanan darah. Anda bisa menjadikan buah melon sebagai salad sarapan pagi dengan tambahan semangka dan blewah.

● Mengandung Vitamin C

Anda bisa mengonsumsi satu cangkir melon per hari untuk mencukupi kebutuhan harian vitamin C. Selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga membantu mencegah penyakit dan infeksi.

● Baik untuk Diet

Buah melon mengandung banyak serat untuk berperan untuk memperlancar proses pencernaan dan menurunkan kolesterol tubuh secara keseluruhan. Mengonsumsi buah melon mengurangi kemungkinan terjadinya masalah pencernaan, seperti sembelit.

Selain itu, melon juga merupakan buah yang rendah kalori, sehingga cocok sebagai asupan makanan bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Buah melon juga membantu menjaga kestabilan berat badan, serta menghindarkan tubuh dari tekanan darah tinggi dan penyakit kanker.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kaya Kandungan Vitamin B6

Buah melon kaya akan kandungan vitamin B6 yang berfungsi sebagai koenzim untuk mengaktifkan proses kimia dalam tubuh. Salah satu kegunaan enzim ini adalah untuk metabolisme protein. Vitamin B6 juga penting untuk merangsang sistem saraf serotonin, neurotransmitter yang mengatur mood dan membuat Anda dapat tidur lebih nyenyak. Vitamin B6 juga dapat mengubah kandungan homosistein menjadi zat yang bermanfaat sebagai asam amino yang baik untuk tubuh.

Zat homosistein penting untuk diubah, karena sering dikaitkan dengan risiko peningkatan masalah kardiovaskular. Selain vitamin B6, buah melon juga mengandung vitamin B1 dan B3 yang juga bermanfaat untuk tubuh.

● Baik untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, tubuh ibu hamil membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari biasanya. Kondisi ini terjadi karena imunitas yang lebih lemah dari biasanya.

Dengan mengonsumsi buah melon, ibu hamil akan mendapatkan sejumlah nutrisi penting selama kehamilan seperti kalium untuk menjaga kesehatan jantung, dan vitamin C untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Bagi Anda yang ingin melahirkan anak yang sehat, dianjurkan untuk mengonsumsi buah melon 100 gram per hari.

● Meredakan Nyeri Haid

Menstruasi terkadang menimbulkan rasa yang sangat nyeri di bagian perut. Buah melon mengandung potasium yang berfungsi untuk mencegah adanya kram, mual, dan nyeri pada saat menstruasi. Selain untuk meredakan nyeri, buah melon juga berperan untuk melancarkan aliran darah selama PMS.

● Mengandung Vitamin A

Buah melon mengandung vitamin A yang berperan dalam pertumbuhan rambut, sehingga dapat mencegah terjadinya rambut rontok. Vitamin A yang terdapat dalam buah melon juga dipercaya dapat mencegah katarak, degenerasi makula, dan menjaga mata dari sinar radiasi.

Pastikan buah ini menjadi salah satu buah yang sering Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini