Sukses

9 Manfaat Hebat Stroberi agar Sehat Luar Dalam

Jangan remehkan bentuknya yang kecil, stroberi punya banyak manfaat hebat.

Liputan6.com, Jakarta - Stroberi bak pepatah, kecil-kecil cabai rawit. Bentuknya kecil tapi manfaatnya besar. Buah yang bila matang berwarna merah ini banyak tersebar luas di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Apa saja manfaat buah berbintik-bintik ini? Simak rangkumannya seperti disusun tim Ngovee dari Jovee.

1. Dapat Mencegah Kanker

Stroberi mengandung beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin C, asam ellagik, vitamin A, vitamin E, dan lainnya. Kandungan antioksidannya juga tetap tinggi meski sudah mengalami proses pengolahan.

Semuanya itu dapat berfungsi untuk melumpuhkan atau mematikan sel kanker yang ada dalam tubuh Anda, seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker hati, dan kanker prostat. Buah mungil merah ini juga dipercaya bisa mencegah leukemia, yang merupakan salah satu kanker yang sangat mematikan.

2. Dapat Mencegah Alergi dan Radang

Stroberi mengandung gula yang rendah, sehingga dapat melawan radang sendi dan cocok untuk kamu yang mengidap diabetes.

3. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan zat besi dan potasium yang dimiliki stroberi, sangat efektif untuk menekan atau mengatasi tekanan darah tinggi. Jika kamu mengkonsumsi buah ini, dapat membuat tekanan darah normal kembali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan folat, antioksidan, serat, dan vitamin yang tinggi membuat stroberi cukup efektif untuk mencegah penyakit jantung dan mengurangi kadar kolesterol.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Radikal bebas dapat disebarkan melalui lingkungan dan juga makanan. Hal itu dapat mengancam kesehatan tubuh, sebab radikal bebas tidak hanya menyebabkan penuaan dini, tetapi juga dapat mengancam kondisi pada fungsi otak.

Untuk mencegah hal tersebut dan menjaga kesehatan otak, Anda bisa mengonsumsi stroberi. Hal ini dikarenakan fitonutrien dan vitamin C yang ada dalam buah tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi fungsi otak kamu.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Nutrisi tinggi yang dimiliki buah stroberi, dapat menjaga kesehatan mata kamu. Sebab, kandungan nutrisi tersebut dapat memerangi radikal bebas yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan mata.

3 dari 4 halaman

7. Mengobati Jerawat

Asam salisilat yang terkandung dalam buah stroberi bermanfaat untuk mengobati jerawat secara alami. Tapi, tentu saja wajah juga harus rajin dibersihkan dengan baik.

8. Dapat Memutihkan Gigi

Asam malat yang ada dalam stroberi dapat bertindak sebagai zat yang dapat menghilangkan serta mengikis noda-noda yang ada pada permukaan gigi. Tidak hanya itu, mulutmu juga akan lebih sehat karena dengan memakan stroberi dapat menghilangkan bau mulut dan membuat napas menjadi lebih segar.

9. Memperhalus Kulit

Kamu bisa menggunakan stroberi sebagai lulur mandi karena bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Kulitmu bisa lebih halus dan tampak lebih cerah.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.