Sukses

Cegah Corona COVID-19, Vatikan Gelar Perayaan Paskah 2020 Secara Virtual

Vatikan biasanya dipenuhi ribuan jemaat yang ingin merayakan Paskah langsung bersama Paus.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pandemi corona Covid-19, Vatikan akan menandai Pekan Suci yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai perayaan menjelang dan termasuk Paskah, hanya akan dapat disaksikan secara virtual.

Dilansir dari Forbes, Jumat (10/4/2020), dalam beberapa tahun terakhir Settimana Santa, nama untuk Pekan Suci di Italia, adalah periode ketika ribuan orang dari seluruh dunia berbondong-bondong ke Roma untuk menyaksikan ritual kuno, tradisi, dan kehadiran Paus yang dimulai dengan Misa Minggu Palma.

Lalu berlanjut dengan memberkati daun palma di St. Peter's Square hingga berakhir pada hari Minggu Paskah dengan pesan Paus, Urbi et Orbi yang disampaikan dari balkon pusat Basilika, Loggia of the Blessings.

Pengunjung dan penduduk setempat biasanya akan mengambil bagian dalam acara Pekan Suci lainnya. Seperti pada Kamis Putih, ketika gereja-gereja di seluruh kota mengadakan kebaktian dan tetap buka sampai larut malam.

Lalu peringatan Jumat Agung, meditasi yang digelar di Colosseum, Misa Vigil Paskah di St. Peter's Basilica, dan tentunya misa di ruang terbuka pada Minggu Paskah di Piazza San Pietro.

Namun di 2020, semuanya jelas berbeda. Pada 27 Maret 2020, Vatikan mengumumkan bahwa karena krisis corona Covid-19, perayaan liturgi Pekan Suci akan digelar tanpa kehadiran publik. Namun, banyak acara akan disiarkan secara langsung.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tur Virtual

Via Crusis devotion akan dilakukan di parvis Saint Peter's Basilica daripada di Colosseum. Misa Paskah, biasanya diadakan di St. Peter's Square, akan diadakan, seperti upacara Pekan Suci lainnya tahun ini, di Altar Katedral di Basilika.

Setelah kunjungan dunia maya ke Vatikan untuk layanan Paskah, Anda mungkin ingin menyaksikan banyak harta artistiknya. Museum Vatikan yang luar biasa menawarkan berbagai tur virtual, termasuk yang dikhususkan untuk Kapel Sistine, hiburan kecil karena di sana tidak ada, Anda tidak perlu berdesakan dengan orang banyak.

Ruang-ruang Raphael yang mewah dan berdekorasi luar biasa itu harus dikunjungi. Karena tahun ini bertepatan dengan pameran Raphael yang laris di Scuderie del Quirinale yang menandai peringatan 500 tahun kematian artis tersebut (sekarang ditutup karena krisis kesehatan), pastikan untuk mengambil versi online dari pertunjukan ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini