Sukses

Kreasi Kuliner Unik di Dunia yang Punya Tampilan dan Rasa Diluar Perkiraan

Makanan saat ini tak hanya dinilai dari rasa yang lezat, namun penampilannya juga menjadi hal yang penting.

Liputan6.com, Jakarta Makanan saat ini tak hanya dinilai dari rasa yang lezat, namun penampilannya juga menjadi hal yang penting. Salah satu tujuannya tentu agar dapat menarik perhatian untuk datang mencicipi makanan. Lalu bagaimana ceritanya kalau tampilan makanan yang dilihat tidak sesuai dengan yang kita bayangkan ketika dimakan dan cicipi oleh lidah.

Tampilannya seperti kertas dan pensil, namun sewaktu dimakan ternyata rasa opor ayam. Kelihatannya arang yang biasa buat bakar sate ternyata itu kambing guling yang bisa dimakan. Konsep penyajian makanan yang menawarkan sensasi berbeda ini menggunakan teknik memasak yang dikenal Molecular Gastronomy. 

Molecular gastronomy adalah teknik memasak modern yang menyajikan makanan dengan penggabungan unsur fisika dan kimia. Berikut ini beberapa makanan unik dan menarik dengan teknik molecular gastronomy yang ada di dunia. Tampilannya tidak mencerminkan rasa makanan sesungguhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Salju Putih Ini Ternyata Salad

Jika dilihat dengan mata telanjang ini jelas seperti salju atau bahkan kapas. Ternyata ini adalah salad hidangan khas dari Funky Gourmet, restoran molecular gastronomy Yunani.

3 dari 9 halaman

2. Jelly - Jelly Ini Ternyata Spaghetti

Berkat teknik molecular gastronomy, spaghetti yang biasa kita makan memiliki bentuk menyerupai jelly. Bukan hanya penampakan, teksturnya juga seperti jelly, tapi kalau sudah dimakan terasa seperti pasta sebagaimana yang kamu kenal.

4 dari 9 halaman

3. Ini Ternyata Jus Buah Kaviar

5 dari 9 halaman

4. Lipstik Rasberry yang Bisa Dimakan

Raspberry Lipstik yang dapat dimakan pertama kali diperkenalkan dalam masakan modern oleh Chef Jordi Cruz di restoran 2 Michelin Star ABaC.

6 dari 9 halaman

5. Lipstik Ini Ternyata Kue Clorot Khas Bali

Kalau dari luar negeri ada lipstik rasberry, di Indonesia ada kue clorot khas Bali dalam kemasan lipstik. Gak cuma dimakan, kamu bisa benar-benar menggunakannya sebagai lipstik karena ada warna merahnya. Ini merupakan persembahan spesial dari Namaaz Dining.

7 dari 9 halaman

6. Isi Tabung Reaksi Ternyata Kopi

Cairan dalam tabung reaksi ini ternyata adalah kopi, dan busanya sendiri merupakan susu serta pilnya adalah gulanya.

8 dari 9 halaman

7. Tampilan Cerutu Ternyata Es Krim

kamu pasti akan mengejutkan ketika mereka disajikan cerutu di asbak sebagai hidangan penutup! Cerutu coklat hitam ternyata es krim yang disedot seperti menghisap cerutu dan disajikan dengan rempah-rempah yang menyerupai abu. Hidangan ini adalah kreasi dari keahlian memasak molekuler Chef Joan Roca dari 3 restoran Michelin Star El Celler de Can Roca di Girona, Spanyol.

9 dari 9 halaman

8. Pensil dan Kertas Ternyata Opor Ayam

Saat menerima pensil dan kertas, kamu tentu akan berpikir diminta untuk menulis pesanan. Namun masih di Namaaz Dining, itu adalah menu makanan spesial. Ternyata itu adalah Opor Ayam, cara menikmatinya pun unik. kamu menggulung pensil dengan kertas dan dicelupkan ke serutan.

Itulah beberapa kreasi kuliner unik yang terwujud berkat teknik molecular gastronomy. Melihat keunikan itu tentunya kita dengan sigap mengambil gambar dan mengabadikan videonya bukan? Nah, untuk kamu penggemar kuliner dan food fotografi, ada informasi menarik nih tentang fotografi dengan smartphone.

OPPO telah mengeluarkan smartphone dengan kamera resolusi terbesar pertama di Indonesia. OPPO Reno3 yang baru meluncur beberapa waktu lalu menawarkan kamera utama Ultra Clear 108MP Image. Dilengkapi 4 lensa, OPPO Reno3 menjawab kamera smartphone dengan level terbaru. Kamu bisa pilih sesuai jepretan yang diinginkan.

Untuk memfoto macro, kamu bisa gunakan lensa macro super 3cm pada OPPO Reno3, untuk foto landscape, human interest sampai acara musik bisa pakai OPPO Reno3. OPPO Reno3 memiliki lensa 48MP dengan bukaan f1.79, lensa ultra wide angle 8MP dengan bukaan f2.2, lensa telephoto 13MP dengan bukaan f2.4 dan 5x hybrid optical zoom, dan lensa black and white atau mono 2MP dengan bukaan f2.4.

Dengan kecanggihan yang disematkan pada OPPO Reno3, bukan tak mungkin hasil gambar yang kamu jepret akan selalu sempurna. Selain bisa kamu upload di sosial media, dengan resolusi besar tersebut, kamu bisa mencetak dengan ukuran yang paling besar. Tentu warna dan detail pada foto tak akan berubah sedikit pun.

Kecanggihan kamera OPPO Reno 3 semakin lengkap dengan kamera selfie 44 megapixel lengkap dengan fitur terbaru Ultra Night Selfie yang tertanam di ponsel yang memiliki layar 6,4 inci dan Corning Gorilla Glass 5. Segera dapatkan OPPO Reno3 dengan harga Rp5.499.000,-. Manfaatkan juga promo atau penawaran bundling OPPO Reno3 & Enco Free dan dapatkan tambahan diskon Rp 300.000.

#BetterAtHome

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan bersama selama pandemi virus dan social distancing, OPPO Indonesia juga memberikan penawaran menarik melalui kampanye #BetterAtHome. Jadi, kamu bisa mendapatkan smartphone favorit tanpa perlu keluar rumah.

Proses pembeliannya cepat dan keamanannya juga terjamin. Kamu cukup menghubungi Official WhatsApp OPPO Indonesia, tanyakan info tentang produk smartphone secara personal kemudian pilih opsi pengiriman serta pembayaran. Terakhir, produk siap diantar ke rumah kamu tanpa dipungut biaya.

Selama Pshycal Distancing, kita semua harus tetap produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari semaksimal mungkin. #BetterAtHome menjadi salah satu inovasi OPPO dalam mendekatkan pelayanannya secara personal kepada setiap konsumen menjadi bentuk kepedulian OPPO terhadap seluruh komunitas agar tetap aman dalam berproduktivitas.

Mari lakukan segala aktivitas dengan lebih baik dari rumah bersama #BetterAtHome!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.