Sukses

Menguak Faktor-Faktor yang Bikin Lelaki Tertarik pada Wajah Perempuan

Ada proses kognitif yang terlibat dalam penilaian ketertarikan lelaki pada wajah perempuan.

Liputan6.com, Jakarta - Kendati sangat mungkin berbeda antara satu dengan yang lain, para peneliti mengungkap nyatanya ada faktor-faktor yang membuat perhatian lelaki tertuju pada wajah perempuan.

Mengutip laman Yourtango, Rabu, 18 Maret 2020, berdasarkan studi yang dilakukan para ilmuwan Prancis dan dipublikasi di Royal Society Open Science, faktor ketertarikan lelaki pada wajah perempuan adalah tentang sederhananya bentuk wajah.

Berdasarkan penelitian tersebut, semakin sederhana wajah perempuan, semakin mudah pula proses kognitif bagi lelaki. Tendensi kemudahan ini membuat bentuk wajah sederhana lebih menyenangkan dilihat mata.

Sementara, sebuah studi yang dipimpin Dr. Julien Renoult dari National Center for Scientific Research di Paris, tim peneliti ingin memahami lebih baik tentang kriteria yang dicari lelaki saat menilai wajah perempuan. 

Responden terdiri dari 169 lelaki yang direkrut dari selatan Prancis ditunjukkan secara acak wajah perempuan dan diminta untuk memberi nilai dari 0--20. Dari situ, ilmuwan membentuk algoritme untuk menyaring wajah perempuan seperti apa yang menarik perhatian lelaki.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kriteria Wajah Perempuan yang Menarik

Dari penelitian tersebut, sebagaimana dijabarkan pada studi sebelumnya, lelaki cenderung menyukai struktur wajah perempuan yang simpel dengan tekstur kulit halus, sedikit kerutan, dan bentuk tak sebegitu tegas.

Renoult mengatakan, penelitian ini bisa membantu menonjolkan kebutuhan untuk memahami mengapa orang cenderung melihat fisik tertentu dan termasuk dalam kategori cantik, bagaimana perspektif ini berubah seiring waktu, dan peranan ketertarikan pada wajah perempuan dalam seleksi seksual.

"Kami menemukan bahwa kekurangan bisa dijelaskan antara 10--15 persen terkait variasi ketertarikan, di mana ada ruang lain untuk faktor biologis, kultur, dan alasan individu yang bisa memengaruhi pilihan lelaki," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.