Sukses

Mengenal Echinaceae dan Mengkudu, 2 Tumbuhan yang Bisa Bantu Hadapi Corona Baru

Infeksi virus corona baru atau COVID-19 bisa dihadapi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Echinacea dan mengkudu bisa jadi pilihan.

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona baru yang sudah menyebar ke beberapa daerah di Indonesia mesti disikapi dengan waspada. Gaya hidup sehat wajib dikedepankan, termasuk mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Dari beragam pilihan, ada dua jenis yang bisa dipertimbangkan, yakni Echinacea dan Noni. Apa yang jadi keistimewaan dua tumbuhan ini? Berikut rangkuman penjelasannya yang disusun oleh tim Ngovee dari Jovee.

Echinacea, Si Cantik dari Amerika Utara

Echinacea adalah jenis tanaman berbunga yang tumbuh di AS dan Kanada. Tanaman ini telah digunakan sebagai obat selama berabad-abad, baik untuk pilek, flu, dan infeksi.

Dalam banyak riset disebutkan bahwa ekstrak Echinacea terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tanaman itu mengandung banyak senyawa, seperti fenol dan alkamida atau alkilamida yang berefek meningkatkan imunitas.

Dalam riset yang disebutkan oleh WebMD, kandungan tersebut mampu meningkatkan jumlah sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi, termasuk infeksi virus corona. Echinacea kemudian diolah jadi kapsul sebagai suplemen tubuh.

Tanaman Echinacea memiliki beberapa varietas, seperti Echinacea purpurea, Echinacea pallida, dan Echinacea angustifolia. Setiap varian tersebut mungkin memiliki manfaat berbeda. Namun, umumnya yang digunakan untuk obat atau suplemen kesehatan adalah Echinacea purpurea.

Apakah kandungan Echinacea aman dikonsumsi setiap hari? Tidak ada dosis standar Echinacea, namun biasanya dosis yang digunakan adalah sekitar 6-9 mililiter per hari.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengkudu, Bau tapi Bagus

Tak hanya Echinacea, ada juga kandungan Noni yang bagus bagi tubuh. Tumbuhan yang bernama ilmiah Morinda citrifolia ini sejak dulu digunakan sebagai obat, seperti pilek, flu, diabetes hingga tekanan darah tinggi.

Noni dikenal pula dengan nama mengkudu. Buah ini dikenal mengeluarkan bau tak sedap, tapi khasiatnya tak bisa dipandang sepele.

Noni dikenal kaya akan vitamin C yang sanggup membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus melindungi sel dari radikal bebas. Noni juga mengandung beta karoten yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bukan hanya disajikan dalam bentuk jus, noni kini juga bisa diekstrak dan dimasukkan dalam kapsul suplemen. Riset menyebutkan, dilansir dari Healthline, pengguna yang rutin mengkonsumsi 11 ons (330 ml) noni setiap hari terbukti sel kekebalan tubuhnya meningkat sekaligus dapat menurunkan stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.