Sukses

4 Makanan yang Bisa Bikin Anda Terlihat Awet Muda

Tubuh kita butuh lebih banyak kolagen untuk mencegah penuaan dan terlihat awet muda.

Liputan6.com, Jakarta -  Makanan tak sekadar untuk mengenyangkan perut atau menambah energi. Makanan juga bisa berpengaruh pada kesehatan kita. Bahkan bisa membuat kita terlihat lebih muda atau awet muda.

Tentunya tak semua jenis makanan bisa disantap agar terlihat awet muda, salah satunya yang mengandung protein. Jenis protein yang berperan penting untuk kesehatan kulit adalah kolagen.

Kolagen dapat ditemukan pada tulang, otot dan pembuluh darah untuk menjaga kesehatannya. Kadar kolagen mulai berkurang seiring bertambahnya usia dan menyebabkan pengenduran, kerutan serta garis halus.

Itulah alasan utama kenapa tubuh kita butuh lebih banyak kolagen untuk mencegah penuaan. Untuk mendapatkan kolagen lebih banyak, Anda perlu mengonsumsi makanan tertentu.

Dilansir dari Miss Kyra, setidaknya ada empat makanan yang sebaiknya Anda konsumsi untuk meningkatkan kadar kolagen yang bisa membuat Anda terlihat awet muda.

1. Buah Citrus

Buah citrus terdiri dari jeruk, lemon dan jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dan dapat meningkatkan kadar kolagen. 

Tak hanya membuat Anda jadi awet muda, buah-buahan ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka atau penyakit ringan seperti flu dan sakit kepala.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Buah Beri

Beragam buah beri seperti strawberry, raspberry dan blueberry, kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dapat melindungi kulit maupun tubuh dari racun, agar kadar kolagen tidak terganggu.

3. Telur

Bukan hanya bisa dikreasi menjadi berbagai macam makanan, telur mengandung protein tinggi, bahkan kolagen dan asam amino. Karena itu, Anda perlu mengonsumsi putih dan kuning telur setiap hari.

4. Sayuran Hijau

Bayam dan kale merupakan sayuran hijau yang dapat memicu produksi kolagen dalam tubuh kita. Dengan sering mengonsumsi sayuran hijau, tubuh Anda tak hanya jadi lebih sehat tapi juga membuat kadar kolagen tetap terjaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.