Sukses

Piknik ke Garut Kini Lebih Mudah Naik Kereta Api, Berapa Ongkosnya?

Ridwan Kamil mengajak publik untuk piknik ke Garut setelah kereta api sudah tembus ke Kota Garut, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Jalur Kereta Api (KA) Cibatu-Garut akan beroperasi pada awal Maret 2020 setelah 36 tahun ditiadakan. Hal tersebut disambut baik oleh Ridwan Kamil lewat akun Instagram pribadinya. Ia bersyukur kereta api sekarang sudah tembus sampai ke pusat kota Garut, Jawa Barat. Ekonomi Jakarta-Bandung-Garut akan meningkat.

"Kereta inspeksi kemarin disambut meriah dan antusias oleh warga," kata Gubernur Jawa Barat itu dalam akun Instagramnya, Sabtu, 22 Februari 2020.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengajak masyarakat untuk berpiknik ke Garut sambil membeli dodol garut, domba garut, dan jeruk garut. "Oleh-oleh apa lagi jika kita ingat Garut? Jawabanmu mencerminkan kebiasaanmu :)," tanya Emil.

Dalam potret yang diunggah Ridwan Kamil itu, terlihat warga sangat antusias menyambut kereta tersebut. Warga tampak berdiri di depan kereta hingga ke kanan dan kiri gerbong.

Sementara itu, pihak Kereta Api Indonesia lewat akun Instagramnya mengungkapkan keharuannya atas antusiasme warga dan membuat pihaknya kian bersemangat.

"Syukurlah pak Gubernur @ridwankamil , setiap uji coba jalur rel Cibatu-Garut selalu disambut dengan baik dan meriah oleh warga sekitar. Kami sangat terharu dan lebih bersemangat dalam mengerjakan penugasan ini. Semoga hadirnya kereta api selalu membawa kebaikan bagi warga.🥺🙏," tulis akun @keretaapikita, Sabtu, 22 Februari 2020.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terharu

 

Unggahan Ridwan Kamil tersebut juga disambut ucapan syukur dari pesohor Deva Mahenra. Selain itu, Hengky Kurniawan juga menyambut dengan senang.

"Alhamdulillah," tulis Deva Mahenra. "@ridwankamil Juara Pak Gub💪🏻," komentar Hengky Kurniawan yang juga Wakil Bupati Bandung Barat itu.

Untuk awal pengoperasian, PT KAI akan menggratiskan bagi warga. Saat ini, pihak PT KAI sedang memperhitungkan besaran tarif.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro bersama Bupati Garut Rudi Gunawan melakukan pengecekan bersama menggunakan Kereta Inspeksi 4 dari Stasiun Cibatu, Stasiun Pasirjengkol, Stasiun Wanaraja, dan Stasiun Garut.

"KAI ingin memberikan kado spesial kepada masyarakat Garut di hari jadi yang ke-207 Kabupaten Garut di 2020 ini dengan mengoperasikan kembali jalur kereta api Cibatu – Garut," ujar Edi, seperti dikutip dari laman PT KAI, Minggu, 23 Februari 2020.

Edi menambahkan, Jalur KA Cibatu – Garut awalnya diresmikan pada 1889 dan merupakan bagian penting dari sejarah Kabupaten Garut.  Selain untuk angkutan barang, dulunya jalur ini digunakan oleh angkutan penumpang seperti wisatawan asal Eropa yang ingin berlibur di wilayah Garut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.