Sukses

4 Makanan yang Dilarang Disantap Saat Imlek

Ada sejumlah makanan yang dilarang untuk dikonsumsi saat Imlek. Apa saja dan apa alasannya?

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru China atau Imlek jatuh pada hari ini, Sabtu (25/1/2020), memiliki arti penting bagi warga keturunan Tionghoa. Ada beberapa makanan yang wajib disajikan saat Imlek.

Makanan tersebut di antaranya kue keranjang, mi, jeruk mandarin. Ada pula yang menyajikan bandeng saat makan bersama dengan keluarga besar.

Momen Imlek jadi ajang untuk berkumpul bersama keluarga. Makan bersama dalam satu wadah selalu dirayakan menyambut Imlek sebagai tanda bersyukur atas rezeki yang diperoleh.

Namun, ada juga makanan yang tabu disajikan. Berikut makanan yang dilarang dimakan saat Imlek yang dirangkum dari berbagai sumber.

Bubur

Bubur jadi salah satu makanan yang dilarang untuk dikonsumsi saat Imlek. Alasannya, bubur dimaknai sebagai simbol kemiskinan.

Alasan itu yang membuat warga Tionghoa tak akan menyajikan bubur saat Imlek. Di luar Imlek, bagi mereka bubur boleh dikonsumsi kapan saja.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pare

Selain bubur, makanan lain yang dilarang untuk dimakan saat Imlek adalah makanan yang bercitarasa pahit, seperti pare. Alasannya, karena rasa pahit dinilai kesulitan dan kesusahan bagi mereka memakannya.

Roti Berongga

Banyak warga Tionghoa masih memegang kepercayaan kalau roti yang berongga bisa membuat siapa pun yang menyantapnya dekat dengan kematian.

Kekhawatiran itu yang membuat roti berongga tak pernah terlihat sebagai jamuan Imlek.

Lobster

Lobster juga salah satu yang dilarang untuk dimakan saat Imlek. Alasannya, karena lobster dinilai berjalan mundur.

Makanan laut yang disarankan untuk bisa dimakan adalah yang berjalan maju. Semua itu agar kehidupan bisa berjalan maju.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.