Sukses

Mengenal Kuliner Khas Hungaria, Apa Saja?

Hungaria mempunyai banyak makanan khas. Berikut beberapa di antaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban di Istana Merdeka, Kamis, 23 Januari 2020. Hungaria terletak di Eropa Tengah berbatasan dengan Austria, Slowakia, Rumania, Kroasia, Serbia, serta Slovenia.

Negara beribu kota Budapest ini memiliki sejumlah makanan yang khas. Makanan-makanan itu menjadi kekayaan Hungaria.

Di Indonesia, makanan Hungaria terbilang belum banyak yang tahu. Berbeda halnya dengan kuliner dari Jepang, Korea, dan China serta negara Eropa lainnya seperti Italia. Kuliner dari negara itu banyak dijumpai di sejumlah tempat atau restoran di Jakarta dan daerah lain.

Seperti makanan yang lain, tentu kuliner Hungaria pun mampu menggugah selera. Ciri makanan Hungaria banyak yang diberi bumbu paprika.

Berikut sejumlah kuliner khas Hungaria. Adakah yang pernah mencicipi salah satunya?

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Strudel

Strudel salah satu hidangan favorit di Hungaria. Makanan itu telah tampil dalam perayaan-perayaan di Budapest selama berabad-abad

Toko roti pertama yang membuka strudel di kota adalah Strudel House. Makanan penutup yang berbentuk berlapis ini yang paling enak adalah strudel apel.

Goulash

Makanan ini berbentuk sup dengan potongan daging sapi, kentang, saus tomat yang terbuat dari paprika yang dimasak hingga dagingnya menjadi empuk.

Goulash termasuk makanan sehari-hari di Hungaria. Dengan bahan-bahan itu, mereka yang hobi masak bisa dengan mudah untuk membuatnya.

Halaszle

Halaszle merupakan sup ikan Hungaria. Ia termasuk hidangan favorit saat Natal. Ini adalah sup panas yang dibuat dengan bahan dasar ikan.

Selain ikan, sup ini mendapat campuran dari bahan bawang merah dan paprika. Bahan-bahan itu kemudian dimasak dalam ceret di atas api.

Porkolt

Nama Porkolt bermakna dipanggang dan hangus. Makanan ini dikenal sebagai sup nasional Hungaria. Sup ini dibuat dari daging sapi, domba, atau ayam yang direbus bersama saung merah dengan banyak bawang, bawang putih, dan bubuk paprika.

Umumnya sup ini dihidangkan dengan pangsit, kentang rebus, atau pasta. Dikutip dari Taste Atlas, Jumat, 24 Januari 2020, saat ini ada banyak varietas pörkölt, dengan nama yang sesuai dengan bahan utama yang digunakan dalam hidangan, seperti pacalpörkölt (babat), marhapölkört (daging sapi), dan borjupörkölt (daging sapi muda).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.