Sukses

Taco Sushi, Saat Makanan Jepang Disantap Gaya Meksiko

Butuh mulut yang terbuka lebar agar bisa mengigit taco sushi. Soal rasa? Simak detailnya di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bila bosan dengan cara memakan sushi yang itu-itu saja, Anda patut mencoba menu terbaru dari Sushi Groove. Dinamai taco sushi, cara makannya mengingatkan Anda pada taco.

Taco adalah kuliner khas Meksiko yang terdiri atas gulungan atau lipatan tortilla yang diisi berbagai macam masakan. Salah satu versi Taco yang khas Tex-Mex disebut breakfast taco. Terdiri dari telur dadar dan kombinasi kentang, sosis, dan/atau bacon.

Khusus untuk taco sushi, kulit tortillanya diganti dengan nori tempura yang dibuat melingkar dan dilipat ala tortilla. Sementara, isinya tak berbeda dengan sushi kebanyakan.

Asyrul, chef Sushi Groove, menunjukkan cara membuatnya. Pertama, sekepal nasi sushi diratakan di dasar nori tempura tetapi jangan sampai ujung. "Sisakan sedikit di kanan kiri," ujarnya saat menjamu media di Jakarta, Rabu, 22 Januari 2020.

Selanjutnya, barulah taruh isiannya. Kebetulan, ia menyiapkan bahan-bahan untuk membuat beef teriyaki taco sushi. Isiannya terdiri dari irisan kol ungu dan daging teriyaki. Setelah itu, ia menaburi saus teriyaki baru ditambah wijen sangrai dan bawang putih goreng.

Beda halnya dengan spicy tuna cheese taco sushi. Itulah menu yang saya pesan dan coba. Dasarnya sama, nori tempura dan nasi sushi, tapi isiannya terdiri dari tuna mentah yang dipotong kubus, keju, kol ungu, dan tobiko hitam. Saus yang digunakan juga berbeda, yakni saus mentai pedas.

Bagaimana rasanya? Potongan tuna kemerahannya segar, tak ada bau amis sama sekali. Gurih dan pedas, langsung terasa di lidah. Mungkin karena terkena sedikit saus mentai.

Sementara, kulit norinya garing renyah. Sementara, lapisan keju mozzarellanya begitu lembut dan tak terlalu asin. Dengan potongan yang cukup besar, mulut saya harus terbuka lebar agar bisa menggigitnya. Di saat yang sama, saya harus menjaga agar potongan daging tunanya tidak berjatuhan.

Tapi secara umum, rasa taco sushinya pas untuk selera saya. Tak eneg lantaran dinetralisir oleh rasa kol ungu yang masih crunchy. Terkait porsi, cukup mengenyangkan, sepadan dengan harganya yang berkisar antara Rp28 ribu hingga Rp38 ribu, belum termasuk pajak.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tujuh Varian

Karin Nathania, Marketing Promotion Sushi Groove, menyebut ada tujuh varian taco sushi yang tersedia. Dua di antaranya bisa dimodifikasi agar cocok untuk para vegetarian, yakni poke taco sushi dan california taco sushi.

"Kalau poke taco sushi isiannya ada salmon, edamame, avokad, sementara california taco sushi terdiri dari kani, mentimun. Kita bisa adjust, take out salmon dan kaninya, diganti dengan yang lain," ujarnya.

Menu taco sushi mulai dipasarkan sejak awal Januari 2020. Sejauh ini, salmon aburi taco sushi lah yang paling sering dipesan.

Untuk mempromosikan taco sushi, Sushi Groove menggelar kompetisi video terbaik dan mengunggahnya di media sosial masing-masing. Bagi video terpilih, Anda berkesempatan memenangkan hadiah total Rp5 juta untuk tiga orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.