Sukses

6 Bahaya Minuman Kopi Susu Kekinian yang Harus Diwaspadai

Minum kopi susu kekinian secara berlebihan dapat menimbulkan diabetes hingga obesitas.

Liputan6.com, Jakarta - Minum kopi susu kekinian sedang tren di sejumlah daerah di Tanah Air. Meski minum kopi susu memberikan cita rasa yang nikmat, tapi minuman itu tidak baik dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu, kamu harus waspada dan membatasi konsumsinya per hari.

Berikut beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan oleh minuman ini bagi kesehatan tubuh, seperti disusun oleh tim Ngovee.Jovee.id. Apa saja itu?

1. Diabetes

Dibanding dengan kopi biasa, minuman es kopi susu kekinian cenderung memberikan lebih banyak gula ke dalam minumannya. Jika dikonsumsi setiap hari, tentu hal ini sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat memicu penyakit diabetes.

Penyakit diabetes disebabkan karena banyaknya kandungan gula di dalam darah. Oleh karena itu, agar terhindar dari penyakit diabetes, kamu harus bijak dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Agar kadar gula darah tidak tinggi, maka jangan terlalu sering mengonsumsi es kopi susu kekinian ini.

2. Mengurangi Kadar Kalsium

Salah satu kandungan nutrisi yang sangat penting untuk penguatan tulang dan gigi pada tubuh adalah kalsium. Sumber kalsium ini biasanya banyak ditemukan di dalam susu. Namun, ternyata minuman kopi susu kekinian mampu mengurangi kandungan kalsium hingga 10 persen di dalam susu.

Karena banyaknya pengurangan kadar kalsium pada minuman es kopi susu kekinian, maka jika kamuingin mendapatkan manfaat yang optimal dari susu, sebaiknya jangan mengonsumsi kopi susu kekinian.

3. Menghilangkan Nilai Gizi pada Susu

Susu merupakan salah minuman yang mengandung berbagai kandungan penting yang sangat dibutuhkan tubuh seperti kalsium dan fosfor. Sayangnya, mencampurkan susu dengan kopi justru akan mengurangi nilai kandungan gizi yang terdapat di dalam susu.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal ini dikarenakan kandungan tanin yang terkandung di dalam susu mampu mengikat zat besi pada susu sehingga kandungan zat besi yang terkandung di dalam susu akan hilang.

4. Menimbulkan Jerawat

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi minuman es kopi susu kekinian secara berlebih mampu memicu timbulnya jerawat pada wajah. Hal ini dikarenakan susu mengandung zat pro-inflamasi yang bisa menimbulkan jerawat hormon yang terkandung di dalam susu juga dapat memicu timbulnya jerawat.

Hormon yang terkandung dalam susu mampu memicu reseptor perangsang produksi kelenjar minyak pada tubuh. Jika produksi minyak pada wajah meningkat sedangkan pori-pori kulit tersumbat, maka hal tersebut dapat memicu munculnya komedo yang akhirnya menyebabkan jerawat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Meningkatkan Produksi Asam Lambung

Mengonsumsi es kopi susu kekinian juga dapat memicu peningkatan produksi asam pada lambung. Tingginya kadar kafein yang terkandung di dalam kopi mampu memicu produksi asam lambung berlebih, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Hal ini tentu sangat berbahaya apalagi jika sebelumnya Kamu memiliki riwayat penyakit maag atau asam lambung berlebih. Oleh karena itu, agar produksi asam lambung tidak meningkat, Anda bisa mengganti kopi susu dengan gula merah yang dicampur dengan creamer.

6. Meningkatkan Risiko Obesitas

Minuman es kopi susu kekinian tidak hanya menyertakan kopi biasa, namun ada berbagai tambahanyang diberikan untuk menambah cita rasanya. Sebut saja susu, gula, creamer, dan pemanis buatan.

Selain bisa meningkatkan risiko diabetes, tingginya gula dan berbagai jenis lemak yang dihadirkan pada segelas es kopi susu juga bisa memicu obesitas atau kenaikan berat badan berlebih pada tubuh.

Satu gelas minuman es kopi susu kenaikan memiliki total 133 kalori. Bayangkan jika kamu mengonsumsi tiga gelas sehari, maka ada sekitar 400 kalori yang masuk kedalam tubuh yang tentunya bisa memicu risiko obesitas.

Menikmati segelas es kopi susu kekinian memang sangat nikmat. Namun, bukan berarti kamu harus mengabaikan kesehatan tubuh di masa depan.

Agar terhindar dari berbagai risiko kesehatan, kamu tidak harus menghentikan konsumsi es kopi kekinian, hanya saja jumlah asupannya harus dibatasi dan dikurangi sehingga berbagai kandungan gula dan lemak tinggi yang dihadirkan dalam segelas es kopi susu kekinian tidak akan berpengaruh buruk terhadap tubuhmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.