Sukses

5 Makanan Terlarang Bagi Artis Korea

Kalau ketahuan melanggar aturan soal makanan, para artis Korea akan mendapat peringatan dan teguran keras.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menjadi seorang idola memang tak mudah. Butuh perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa. Begitu juga kalau seseorang ingin menjadi idol di Korea Selatan.

Sudah bukan rahasia lagi kalau manajemen atau agensi artis di Korea Selatan memberlakukan berbagai aturan ketat terhadap para bintang yang berada di bawah naungannya. Salah satunya soal makanan.

Latihan dan pengendalian diet sangat penting untuk mempertahankan sosok ramping dan massa otot moderat. Pada masa-masa trainee dan awal debut, para idol sangat diatur pola makannya, dengan tujuan agar tubuh mereka sesuai 'standar' tubuh ideal. Idol K-pop tidak boleh makan sembarangan dan asupan makan mereka dibatasi.

Kalau ketahuan melanggar akan mendapat peringatan dan teguran keras.  Seperti dilansir dari laman Koreaboo, sedikitnya ada lima makanan yang mungkin terkesan biasa saja bagi sebagian orang, tapi ternyata dilarang untuk disantap oleh para idola Korea. Apa saja?

1. Roti Tawar Putih

Saat ingin menurunkan atau menjaga berat badan, roti memang salah satu makanan terburuk. Kandungan karbohidrat putih atau gula di dalam memang cukup tinggi dan berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan kalau dikonsumsi setiap hari. Kecuali jika yang dikonsumsi adalah roti gandum utuh.

Seolhyun personel AOA termasuk idol yang sangat menyukai roti. Tapi sejak dilarang agensinya, dia terpaksa harus menghindari makanan itu.

Setelah tidak makan roti ditambah olahraga rutin, Seolhyun mengaku berat badannya turun drastis. Dia juga menjelaskan kalau agensi mewajibkannya menulis catatan harian makanan apa saja yang dimakan demi menjaga dietnya.

2. Nasi dan Produk Olahannya

Nasi juga jadi makanan 'terlarang' di sebagian besar agensi K-pop. Tapi jika memang artisnya benar-benar harus makan nasi, mereka akan membolehkan untuk makan nasi merah. Selain nasi dalam bentuk butiran, agensi biasanya juga melarang para idol makan makanan dari tepung beras atau teokpokki.

Salah seorang artis pendatang baru di Korea, Heeyou sangat suka makan teokpokki dengan saus yang pedas. Namun karena aturan manajemen, dia harus rela tidak makan teokpokki dalam setahun belakangan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mi

Siapa yang tak suka makan mi, apalagi orang Asia termasuk masyarakat Korea. Namun makanan yang umumnya terbuat dari tepung dilarang oleh manajemen artis Korea karena bisa merusak diet penurunan berat badan, termasuk mi. Seperti halnya roti, mi juga mengandung karbohidrat tinggi. Maka konsumsi mi dilarang khususnya pada masa-masa promosi album maupun lagu baru.

Leader boyband BTS, RM, mengaku sangat suka makan jajangmyeon atau mi khas Korea dengan saus hitam. Dia pernah curhat agensinya melarangnya makan jajangmyeon setiap masuk periode promosi album. Tapi RM terkadang sangat ingin makan mi tersebut.

Kabarnya, dia pernah berbohong untuk bisa menyantap mi. Ia akan minta izin pergi ke kamar mandi, padahal sebenarnya diam-diam pergi ke restoran terdekat untuk makan jajangmyeon.

4. Jokbal

Jokbal atau kaki babi termasuk makanan khas yang banyak disukai orang Korea. Biasanya dimakan sebagai camilan saat larut malam. Jokbal punya kalori sangat tinggi sehingga agensi melarang para idol memakannya.

Tzuyu dari TWICE termasuk artis yang hobi menyantap jokbal dan termasuk salah satu makanan favoritnya. Menurut Tzuyu, dia dan para personel TWICE lainnya pernah duduk di pojokan kamar asrama untuk menghindari kamera pengawas, karena ingin makan jokbal tanpa ketahuan.

5. Burger

Burger termasuk junk food dengan kalori dan garam sangat tinggi. Maka tidak perlu jadi pertanyaan kenapa makanan ini juga terlarang bagi para idol.

Namun karena rasanya yang lezat dan mengenyangkan, banyak idol yang suka sembunyi-sembunyi makan burger. Kabarnya, salah satunya adalah Cha Eunwoo personel Astro. Saat masih dalam masa training, Eunwoo mengaku pernah curi-curi kesempatan menyantap burger.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini