Sukses

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Muka

Liputan6.com, Jakarta - Kebiasaan mencuci muka sangat penting bagi kesehatan kulit wajah. Mencuci wajah juga merupakan perawatan dasar yang sangat penting dilakukan. 

Namun kalau Anda mencuci wajah secara tidak tepat, justru dapat merusak kulit. Dilansir dari laman Boldsky, berikut lima kesalahan dalam mencuci muka yang justru dapat merusak kulit wajah.

Memakai perhiasan

Tidak melepas perhiasan saat mencuci wajah dapat melukai kulit Anda. Selain itu, produk perawatan kulit seperti pelembab bisa terbuang sia-sia saat menempel di perhiasan.

Menurut Kimberly Yap Tan, seorang estetika holistik dan pendiri Skin Salvation, mengikat rambut saat mecuuci muka ebaiknya juga dilakukan supaya kotoran di rambut tak berpindah ke wajah.

Salah temperatur

Temperatur air yang ekstrem, terlalu panas dan terlalu dingin bisa merusak kapiler di kulit. Menurut Kimberly Yap Tan, mencuci muka dengan suhu air yang terlalu panas dapat membuat kulit kering dan lecet.

Air yang terlalu dingin tidak akan membersihkan kotoran atau rias wajah secara efektif. Mencuci dengan air pada suhu beku juga tidak akan bermanfaat bagi kulit Anda.

Salah Handuk

Tanpa disadari, Anda mungkin menggunakan handuk kotor untuk menepuk-nepuk wajah setelah dicuci bersih. Anda mungkin juga menggunakan handuk yang teksturnya terlalu kasar sehingga bisa terkelupas dan mengiritasi kulit terutama kalau kulit Anda sensitif.

Meski begitu, menemukan handuk wajah terlembut tidak terlalu penting asalkan tidak terlalu kasar.  Menurut Alexandra Engler, editor senior kecantikan dan gaya hidup di Mindbodygreen, Anda dapat menyimpan beberapa handuk yang tidak begitu kasar dan cukup mengusap wajah di satu sisi setiap kali mencuci muka.

2 dari 3 halaman

Waktu Menyikat yang Salah

Menurut Kimberly, sikat gigi harus dilakukan sebelum melakukan perawatan kulit rutin dan bukan setelahnya. Menyikat gigi setelah atau di antara langkah-langkah perawatan kulit dapat menghilangkan produk yang baru saja diaplikasikan ke wajah.

Selain itu, menyikat gigi setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan pelembab bisa menyebabkan kulit muka sekitar mulut menjadi kering.

Sabun Cuci Muka yang Salah

Tiap jenis kulit sebaiknya memakai produk pencuci muka yang sesuai. Biasanya, setiap produk juga memiliki instruksi khusus untuk penggunaannya. Sebaiknya hindari memakai sembarang sabun untuk. Banyak orang, terutama pria tak terlalu memperdulikan jenis sabun pencuci muka yang dipakai.

Selama sesuai fungsinya membersihkan kotoran di wajah maka tak ada masalah. Padahal jika terus demikian, justru bisa menimbulkan jerawat atau membuat kulit menjadi kering.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: 6 Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan
Artikel Selanjutnya
4 Tips Menjaga Kulit di Cuaca Panas