Sukses

Sentuhan Ibu Sempurnakan Tumbuh Kembang Anak

Liputan6.com, Jakarta ‘Kasih Ibu Sepanjang Masa’ selalu menjadi ungkapan yang cocok untuk mengambarkan perjuangan seorang ibu. Bayangkan, mulai dari kamu masih berada di dalam kandungan sampai kamu beranjak dewasa, sentuhan seorang ibu tak terlepaskan.

Sentuhan-sentuhan itulah yang dinilai menjadi cikal bakal tumbuh kembang seorang anak, bahkan bisa menentukan si kecil menjadi individu yang lebih kuat sampai dewasa. Sentuhan inilah yang sangat dibutuhkan oleh si buah hati.

Ingat tidak, saat kecil kamu kerap menangis karena diejek teman atau jatuh dari sepeda. Ya, secara tidak langsung kita mengadu kepada ibu dan hanya dari sentuhan tangan atau sebuah pelukkan, kita tidak akan menangis lagi bahkan kamu meraskan damai dan aman.

Merujuk hal itu, ternyata sudah ada penelitiannya. Dikutip dari American Psychological Association pada 2002 mengungkapkan bahwa pijatan atau sentuhan dapat menurunkan tingkat stres, kecemasan dan depresi.

Tak hanya itu, manfaat lainnya melalui pijatan atau sentuhan bahkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Hal tersebut terjadi karena pijatan atau sentuhan mengaktifkan reseptor tekanan pada tubuh.

Walaupun terlihat sederhana, ternyata sentuhan ibu dapat membangun hubungan yang mendalam dan bisa menentukan keberhasilan seorang anak.

Sentuhan dengan sejuta manfaat ini dituangkan dalam program NIVEA Sentuhan Ibu. Nivea menjadikan program ini sebuah bentuk dukungan untuk tumbuh kembang anak.

Nah, NIVEA juga melakukan program untuk mengatasi trauma pasca bencana di Lombok. Bersama dengan One Health Collaborating Center (OHCC) Udayana serta  didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, melakukan penutupan rangkaian Program Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial bagi para ibu dan anak yang terdampak gempa bumi di Desa Kekait, Lombok.

Melalui program NIVEA Sentuhan Ibu sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk membantu meringankan beban mental dan psikososial para Ibu, khususnya sebagai figur yang memiliki peran sentral dalam keluarga. Lebih dari itu, program ini merupakan bagian dari kontribusi NIVEA dalam membantu pemerintah mewujudkan program Indonesia Tangguh Bencana.

Program itu diikuti oleh 168 ibu dan anak. Hasilnya, program ini menunjukkan hasil positif terhadap perubahan kesehatan mental para Ibu dan Anak yang terdampak bencana gempa bumi pada tahun 2018 lalu.

Hasil intervensi menunjukkan para ibu menjadi lebih menghargai hubungan antara ibu dan anak melalui komunikasi dan sentuhan, serta merasakan adanya penurunan tingkat kecemasan dan stress yang dibuktikan melalui mood sheet (kuesioner untuk mengukur suasana hati) yang diisi oleh para ibu sebelum dan sesudah intervensi.

Terdapat pula peningkatan pada aspek bonding antara ibu dan anak.  Secara umum, lebih dari 85% penerima program merasa lebih baik setelah mengikuti program NIVEA Sentuhan Ibu.

Dari hasil dan program Nivea Sentuhan Ibu sudah tahukan beragam manfaat yang diberikan hanya dari satu sentuhan.

Yuk, dukung gerakan NIVEA Sentuhan Ibu.

Loading