Sukses

Erlangga Talent Week 2019, Upaya Dukung Perkembangan Generasi Z

Upaya dukungan berupa lomba-lomba yang diadakan di Erlangga Talent Week diharapkan bisa menjangkau generasi Z di pelosok Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Penerbit Erlangga sukses menyelenggarakan ajang Erlangga Talent Week (ETW) 2019 di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, beberapa waktu lalu. Acara dimaksudkan mendukung generasi Z tersebut menyuguhkan berbagai perlombaan.

Ada pula unjuk bakat dan kreativitas, hiburan, serta pameran buku pendidikan, referensi belajar, maupun literasi bagi siswa, guru, orangtua, dan masyarakat umum.

Juga, diskusi bertema “Peranan Orang Tua dalam Mengembangkan dan Mengasah Bakat Anak Generasi Z” juga menghadirkan Direktur Pemasaran Penerbit Erlangga Arief Subahagiyo, aktor dan pengusaha Christian Sugiono, serta drummer Nidji Rama.

Lalu, psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana, Ketua POMG/Persatuan Orangtua Murid dan Guru SMP Labschool Kebayoran Pitut Aprilia, Juara Nasional Erlangga English Speech Contest 2018 Tabitha Anya, dan moderator Andromeda Mercury.

Direktur Pemasaran Penerbit Erlangga Arief Subahagiyo menyatakan, generasi Z saat ini dihadapkan banyak pilihan dan kesempatan untuk berekspresi. Tapi, mereka membutuhkan arahan yang sesuai.

Kenyataannya, generasi Z Indonesia kurang mendapatkan kesempatan dan wadah yang baik untuk mengasah bakat. “Di sini kami ingin membuka kesempatan dan wadah melalui penyelenggaraan Erlangga Talent Week,” ujarnya lewat siaran pers yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini.

Arief menambahkan, selain melatih disiplin, fokus, dan konsentrasi, Erlangga Talent Week juga mendorong generasi Z untuk fokus pada tujuan dan konsistensi. Melalui event ini, diharapkan mereka mengalahkan ego saat berjuang dan bisa belajar dari kegagalan.

Psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana menyebutkan, kemajuan teknologi digital jadi tantangan mengembangkan bakat generasi Z. Di sisi lain, teknologi digital sebenarnya bisa jadi alat bantu untuk mengembangkan bakat.

Oleh karena itu, lingkungan terdekat anak memiliki peranan penting dalam mengarahkan mereka untuk memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin, baik dalam pengembangan bakat mereka maupun menjaga keseimbangan antara aktivitas di dunia maya dan nyata.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Pengembangan Bakat Anak Indonesia

Tahun ini, Penerbit Erlangga khusus berkolaborasi dengan Solidaritas Erlangga (SOGA), sebuah wadah CSR dari Penerbit Erlangga. Kerja sama ini merupakan wujud cita-cita perusahaan, yakni tidak semata menerbitkan buku-buku berkualitas.

Tapi, juga ikut serta melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan bakat anak Indonesia, baik di bidang olahraga, seni, lingkungan hidup, maupun sosial.

“Erlangga Talent Week telah memberi banyak manfaat bagi perusahaan, di antaranya semakin luas jaringan rekanan Erlangga, serta munculnya duta bakat dari para finalis dan pemenang lomba ETW 2018 yang jadi duta bakat kami,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, pada 2019, Erlangga Talent Week fokus pada peningkatan jumlah partisipan lomba, sponsor, dan media partner.

“Kami ingin peserta lomba berasal dari setiap pelosok Indonesia. Pada 2019, peserta lomba terjauh dari Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Kami sangat mengapresiasi dan berharap tahun depan akan menjangkau lebih jauh lagi hingga ke pelosok Tanah Air,” kata Arief.

Ada empat kompetisi utama yang dilombakan di Erlangga Talent Week 2019, yaitu Erlangga English Speech Contest tingkat SD, SMP, SMA, SMK sederajat, Modern Choir tingkat SD dan SMP sederajat, Traditional Dance tingkat SMA/K, dan Battle of The Band tingkat SMA/K, serta Perguruan Tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.