Sukses

Luncurkan Inisiatif Perjalanan Berkelanjutan, Pangeran Harry Terinspirasi dari Bocah Tujuh Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pertanyaan tentang kepercayaan atas komimen menjaga lingkungannya, Pangeran Harry bergabung dengan perusahaan-perusahaan industri perjalanan untuk mengurusi peningkatan konservasi dan memberi manfaat bagi masyarakat lokal. Lewat yayasan amal yang baru, Sussex Royal, ia meluncurkan inisiatif untuk meningkatkan kesadaran dan mempromosikan, perjalanan berkelanjutan.

Mengutip dari Guardian, Jumat (6/9/2019), Travalyst adalah kolaborasi antara lima perusahaan, yakni Booking.com, Ctrip, Skyscanner, TripAdvisor, dan Visa - yang bertujuan meningkatkan upaya konservasi, melindungi lingkungan, dan membantu mengembangkan ekonomi masyarakat yang terlibat dalam industri pariwisata.

Berbicara pada peluncuran di Amsterdam, Pangeran Harry mengatakan proyek itu sebagian terinspirasi oleh seorang bocah lelaki berusia tujuh tahun yang ditemuinya dalam perjalanan kerja ke Karibia, yang mengatakan kepadanya: "Karena negaramu, terumbu karang negaraku sekarat."

Inisiatif ini telah ada dalam perencanaan selama sekitar dua tahun tetapi dengan sang pangeran menjadi berita utama dalam beberapa pekan terakhir tentang penggunaan jet pribadi, waktu peluncuran dikritik, dengan beberapa tuduhan kemunafikan. Perusahaan yang terlibat tak dapat membagikan rencana konkret, hanya mengatakan bahwa pengumuman lebih lanjut dalam 18 bulan ke depan.

Kemitraan ini menyatakan bahwa ada permintaan yang meningkat untuk melakukan perjalanan yang lebih berkelanjutan, sambil memberi manfaat kepada masyarakat, lingkungan, dan margasatwa, tetapi menerima bahwa industri perlu menjadi katalisator untuk perubahan.

Dana dua juta Euro per tahun ini telah membantu skema termasuk panduan trekking pelatihan usaha sosial di Nepal dan, di Afrika, sebuah aplikasi yang membantu menghubungkan para wisatawan dengan para pengusaha.

 

2 dari 3 halaman

Berbuat Lebih Baik

Fakta bahwa organisasi perjalanan yang sangat besar terlibat berarti mungkin ada potensi untuk sertifikasi industri baru atau lencana keberlanjutan - yang memiliki panduan dan pencapaian yang jelas dan dapat dibuktikan.  Inisiatif ini berfokus pada peningkatan manfaat perjalanan bagi masyarakat dan tujuan lokal di mana pariwisata sangat penting bagi perekonomian mereka.

"Kita tidak dapat mengabaikan gagasan untuk melakukan sesuatu hanya karena kita tidak dapat melakukan segalanya," kata Pangeran Harry. “Kita semua dapat berbuat lebih baik, dan sementara tidak ada yang sempurna, kita semua memiliki tanggung jawab atas dampak pribadi kita masing-masing. Pertanyaannya adalah apa yang kita lakukan untuk menyeimbangkannya.”

Terlepas dari apa yang dilihat banyak orang sebagai ketidakjelasan tentang skema penyeimbangan karbon, ia melanjutkan dengan mengatakan bahwa ia merasa penyeimbangan karbon adalah jalan ke depan.

Ketika ditanya tentang bagaimana ia tiba di ibukota Belanda, dia mengatakan itu dengan "penerbangan komersial" tetapi, sayangnya, ia tak dapat mengesampingkan perjalanan udara pribadi demi alasan keamanan pada beberapa kesempatan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Meghan Markle dan Pangeran Harry Naik Pesawat Komersial Usai Dikritik Pakai Jet Pribadi
Artikel Selanjutnya
Meghan Markle dan Pangeran Harry Hadiri Pernikahan Misha Nonoo, Siapa Dia?