Sukses

Penyebab Beberapa Makanan Semakin Enak Jika Lama Disimpan

Apa yang membuat beberapa makanan justru semakin enak rasanya setelah lama disimpan?

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya sebagian besar masakan, dianjurkan untuk segera dihabiskan setelah dimasak dan dihidangkan. Saat aromanya masih menyeruak, rasanya masih segar, terutama olahan sayuran, memang sebaiknya langsung dimakan dan jangan terlalu lama dibiarkan.

Kalau terlalu lama, rasanya bisa berubah atau kurang enak. Meski begitu, ada juga masakan yang justru jika didiamkan dan disimpan lama dengan tepat, rasanya bakal makin nikmat.Sebut saja rendang, asinan, kari, dan sayur lodeh. Makanan tersebut justru makin terasa nikmat kalau dimakan keesokan harinya setelah dimasak.

Dilansir dari Times of India, sebuah proses kimia terjadi saat menyimpan makanan di dalam lemari es dan memanaskannya kembali keesokan paginya.  Reaksi kimia ini terus berlangsung yang menghasilkan lebih banyak molekul rasa baru.

Rasa makanan pun jadi makin kaya. Beberapa peningkatan rasa dapat terjadi karena pemecahan protein menjadi asam amino seperti glutamat dan nukleotida kecil yang berinteraksi untuk menghasilkan molekul rasa baru.

Para ahli makanan menyebut ini sebagai reaksi Maillard yang terjadi ketika sisa makanan dipanaskan. Ada rahasia di balik nikmatnya makanan yang disimpan semalaman. Namun tidak semua makanan terasa luar biasa jika didiamkan atau disimpan dalam waktu lama.

Beberapa makanan bisa langsung dimakan, tapi ada juga yang membutuhkan perlakuan khusus.  Contohnya, tumisan ayam kecap yang sebaiknya ditambahkan sedikit air saat dihangatkan. Lalu pada masakan kari, perlu ditambahkan sedikit perasan jeruk nipis agar terasa lebih segar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kompor dan Microwave

Begitu juga dengan pasta yang sudah disiram saus, seperti spageti, lasagna, angel hair atau linguini.

Kalau ada sisa, jangan langsung dibuang Simpan saja dalam kulkas semalaman. Suhu dingin akan membuat pasta menyerap saus lebih optimal sehingga rasa pasta jadi lebih gurih.

Untuk mendapatkan rasa optimal, disarankan untuk menghangatkan makanan di atas kompor. Lakukan juga koreksi rasa, bisa dengan menambahkan gula, garam, air atau bumbu lain, baru kemudian disajikan.

Rasa makanan cenderung lebih nikmat jika dihangatkan di kompor daripada di microwave. Tapi jika hanya memiliki sedikit waktu dan ingin lebih praktis, menghangatkan makanan di microwave bisa jadi pilihan tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.