Sukses

6 Sambal Oleh-Oleh Khas Nusantara yang Rasanya Bikin Ketagihan

Tak hanya menjadi pelengkap wajib saat makan, sambal dengan beragam variannya kian populer menjadi oleh-oleh khas daerah di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sambal sepertinya sudah menjadi pelengkap wajib bagi masyarakat di Indonesia saat makan. Rasanya yang pedas juga lezat membuat makanan terasa lebih nikmat jika menggunakan olahan berbagai rempah ini.

Setiap daerah memiliki cita rasa kuliner yang khas dan berbeda. Sama halnya dengan rasa sambal yang memiliki rasa berbeda di setiap daerah. Untuk Anda yang hobi berwisata, tidak lengkap rasanya jika tak mencoba rasa sambal dari masing-masing daerah.

Saat ini, sambal dikemas dalam bentuk yang lebih praktis sehingga Anda dapat menjadikannya oleh-oleh bagi keluarga dan kerabat tercinta. Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber ke dalam enam sambal khas Nusantara yang jadi oleh-oleh populer. Senin, 15 Juli 2019.

1. Sambal Bu Rudy

Sambal yang berasal dari Surabaya ini, memiliki cita rasa dan sensasi pedas yang nikmat. Sambal ini sudah dalam bentuk kemasan yang praktis sehingga mudah dibawa kemanapun untuk pelengkap saat makan. Terdiri dari berbagai pilihan sambal, mulai dari sambal teri, petis, bajak, ijo, dan bawang.

Dilansir dari depotburudy.com, harga sambal Bu Rudy dibanderol mulai dari Rp15 Ribu hingga Rp60 Ribu. Sambal Bu Rudy juga telah populer di kalangan masyarakat lokal hingga negara tetangga.

2. Sambal Pecel Padigiling

Sambal pecel khas Madiun dan sekitarnya ini menjadi salah satu sambal yang menggunakan kacang sebagai bahan utamanya. Sambal ini digunakan untuk campuran makanan yang dilengkapi dengan sayuran dan beberapa lauk tradisional seperti tempe, tahu, peyek dan lainnya.

Sambal pecel memiliki dua varian rasa yaitu pedas dan manis. Dari kedua varian ini hanya level pedasnya yang dibedakan dan bisa dipilih sesuai selera Anda. Sambal ini juga dapat dijadikan oleh-oleh karena sudah dalam bentuk kemasan botol yang praktis.

Meskipun dalam bentuk kemasan, Sambal Pecel Padigiling tetap terjaga kualitasnya. Dilansir dari omiyago.com, harga yang dibanderol untuk satu botol sambal pecel cukup terjangkau, yakni Rp56 Ribu.

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Sambal Roa Sulawesi

Sambal Roa menjadi salah satu oleh-oleh khas Sulawesi Utara. Diracik dari gilingan kecil ikan roa dan dicampur dengan cabai, bawang, serta bawang merah, membuat cita rasa yang unik pada sambal ini. Sambal Roa biasa disajikan dengan bubur Manado.

Bagi Anda yang tertarik membawa pulang sambal roa untuk dijadikan oleh-oleh, salah satu merek yang cukup ternama adalah Sambal Roa JuDes. Tidak terlalu susah mendapatkannya karena hampir bisa ditemui di semua toko suvenir di Sulawesi Utara. Dilansir dari tokopedia.com, harga satu botol Sambal Roa JuDes dibanderol senilai Rp29 Ribu.

4. Sambal Mbe Bali

Nama 'Mbe' dalam Bahasa Bali artinya bawang. Jadi sambal mbe artinya adalah sambal bawang. Diracik menggunakan bahan utama bawang goreng krispi dan cabe merah membuat sambal ini menggugah selera. Sambal ini cocok untuk disajikan untuk pendamping semua makanan.

Lewat rasanya yang lezat, sambal ini sering dijadikan makanan pendamping nasi ataupun lauk. Saat ini juga tersedia sambal bawang dalam bentuk kemasan sehingga dapat dijadikan oleh-oleh saat Anda berlibur di Bali. Dilansir dari www.sambali.co, sambal bawang dibanderol seharga Rp40 Ribu.

3 dari 3 halaman

5. Sambal Luat Kupang

Sambal yang dapat dijadikan oleh-oleh selanjutnya adalah Sambal Luat. Diracik dari cabe rawit, jeruk nipis dan pelengkap berupa daun siba serta daun kemangi yang membuat aroma sambal ini berbeda dan ingin mencicipinya.

Biasanya, sambal luat dihidangkan bersamaan dengan se’i daging sapi dan disantap dengan jagung bose. Bahan-bahan ini membuat rasa yang sedikit pahit dan asam dengan aroma yang kuat. Dilansir dari pesonanusantara.co.id, harga kemasan sambal luat ini dibanderol sebesar Rp25 ribu saja.

6. Sambal Cibiuk Garut

Selanjutnya, ada sambal cibiuk khas Garut. Tampilan sambal ini sedikit berbeda dari sambal biasanya karena menggunakan cabe hijau sebagai bahan utama. Selain itu sambal ini juga ditambahkan dengan serawung sebagai penambah aroma, dan tomat hijau untuk memberikan kesegaran dalam setiap cicipan.

Rasanya yang pedas dan khas akan menjadi kenikmatan tersendiri bagi pencinta sambal ini. Cibiuk memiliki aroma yang khas karena dibuat dengan tambahan terasi dan juga daun kemangi. Dilansir dari tokopedia.com, sambal cibiuk Garut dibanderol seharga Rp56 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.