Sukses

Cerita Akhir Pekan: 6 Roller Coaster Tercepat di Dunia yang Bikin Jantung Serasa Copot

Liputan6.com, Jakarta - Liburan telah tiba, saatnya membebaskan diri dari penat. Ingin mencoba sesuatu yang tak biasa, bagaimana bila menantang diri dengan naik roller coaster.

Wahana yang satu ini tak sedikit yang menghindarinya. Namun, yang sudah kecanduan adrenalin selalu nagih untuk mencoba yang baru, yang lebih menantang dan ekstrem.

Ternyata, ada banyak roller coaster dengan kecepatan luar biasa yang tersebar di berbagai belahan dunia. Semuanya berkecepatan lebih dari 100 mil per jam. Berikut enam yang tercepat seperti dilansir laman tripsavvy.com.

1. Formula Rossa Coaster, Abu Dhabi

Inilah roller coaster tercepat di dunia. Kecepatannya mencapai 149,1 mil per jam atau sekitar 240 kilometer per jam. Formula Rossa hanya butuh waktu dua detik untuk berakselerasi sepanjang 100 kilometer, kemudian menanjak hingga ketinggian 52 meter, untuk selanjutnya menurun dengan cepat.

Wahana ini sebenarnya berada di taman hiburan dalam ruang, Ferrari World di Pulau Yas. Tetapi, penumpang roller coaster akan diajak bertualang ke luar ruang melalui kubah yang bisa dibuka, baru kembali lagi ke titik awal yang berada di dalam bangunan.

Warna kereta dicat merah khas Ferrari, seperti namanya. Karena sangat intens, penumpang akan dibekali kacamata untuk melindungi mata mereka dari pasir gurun.

2. Kingda Ka, Amerika Serikat

Dengan kecepatan mencapai 128 mil per jam, Kingda Ka ini merupakan roller coaster tercepat di Amerika Serikat, bahkan sempat menjadi yang tercepat di dunia sebelum kemunculan Formulla Rossa.

Dengan ketinggian 456 kaki, wahana ini masih menjadi yang paling tinggi di dunia. Untuk mencapai ketinggian maksimal dalam waktu sekejap, atraksi yang menjadi bagian Taman Hiburan Six Flags di New Jersey ini menggunakan sistem peluncur hidrolik.

3. Top Thrill Dragster, Amerika Serikat

Agak sedikit lebih pelan, Top Thrill Dragster menempati posisi ketiga tercepat di dunia dengan kecepatan 120 mil per jam. Berlokasi di Cedar Point, Ohio, roller coaster ini juga menggunakan sistem ketapel yang mirip dengan Kingda Ka.

2 dari 3 halaman

4. Red Force, Spanyol

Sejak dibuka pada 2017 sebagai bagian Ferrari Land, Red Force menggunakan motor magnetik untuk meluncurkan keretanya pada kecepatan 112 mil per jam menuju ke puncak. Hingga kini, roller coaster yang berada di PortAventura Park itu menjadi yang tercepat di daratan Eropa.

5. Dodonpa, Jepang

Menggunakan sistem peluncur dengan udara bertekanan, Dodonpa bisa melaju dari 0 hingga 112 mph di bawah dua detik. Roller coaster yang ada di Fuji-Q Highland itu bisa naik dan turun dari ketinggian 170 kaki dalam posisi 90 derajat. Karena ekstrem, durasi naik roller coaster ini hanya 55 detik.

6. Superman: Escape From Krypton, Amerika Serikat

Di posisi ke enam terdapat Superman: Escape from Krypton yang memiliki menara setinggi 415 kaki. Perbedaan ketinggian itu membuat wahana dapat melaju hingga 100 mil per jam.

Terbilang tua, roller coaster ini dibuka pertama kali pada 1997 dan menjadi yang paling tinggi dan tercepat pada masanya. Namun, wahana itu sempat rusak hingga kemudian pada 2011, pengelola taman hiburan Six Flags mengganti keretanya dengan yang baru dan bisa berlari lebih cepat.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: 6 Tips Aman Wisata Kapal Pesiar
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: Pesona Wisata dengan Kapal Pesiar